Penerapan Promotion Mix dalam Meningkatkan Penjualan PT. Matoa Indonesia Digdaya

Doni Triaji Mardian, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. Every company has its own way to sell its products. Every company has a different way to sell the products whether it is hard selling or soft selling, through media or directly, and also by promoting or selling the benefit of the product. In this case, the company has its own uniqueness and superiority to sell a brand. Nowadays, the world is getting ahead with the presence of technology that can help human easily and instantly. All people behind the creative industry can definitely see and exploit this phenomenon. Through the marketing science which combined with technology, it makes the marketing way become more creative and has a good impact. The rapid spread of it can makes the good results to increase sales.The purpose of this research is to know the implementation of promotion mix which applied by PT. Matoa Indonesia Digdaya in increasing sales. This reseach uses qualitative research method with a case study approach. Data obtained directly by interview with Taufik M Ridwan as Head of Marketing at Matoa Indonesia, Raditya Rizky Putra as Head of Finance at Matoa Indonesia, Anandiani K Noviar and Bobby as customers of Matoa Indonesia. In addition, the data also obtained through the results of participant observation, literature study, and documentation as photos.The results of this research can be concluded that the implementation of promotion mix has been applied in Matoa Indonesia in selling its products and also in order to increase sales. The derivatives of promotion mix which is very influential in increasing sales is Sales Promotion. The simply and acceptable content is obvious here. Meanwhile, other derivatives only as supporters to increase sales and brand recognition made by Matoa Indonesia. Now, Matoa Indonesia still exist in creative industry and become a pioneer of wooden watches.

Keywords: promotion mix, sales promotion, increase sales.

 

Abstrak. Setiap perusahaan memiliki cara untuk memasarkan produknya berbeda-beda, dalam kata lain cara pemasaran sama halnya dengan tiap individu yang berbeda-beda. Setiap pemasaran memiliki perbedaan cara memasarkan apakah itu hard selling atau soft selling, menggunakan media atau secara langsung dan juga dengan cara mengunggulkan kegunaan produknya atau cara pemasarannya. Dalam hal ini, perusahaan dalam memasarkan sebuah brand memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Dunia saat ini semakin maju dengan hadirnya teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia secara mudah dan instan, para pelaku industri kreatif pasti dapat membaca dan memanfaatkan fenomena ini. Dengan penurunan ilmu-ilmu pemasaran digabungkan dengan teknologi saat ini membuat cara pemasaran semakin kreatif dan dampaknya semakin besar. Persebaran yang cepat membuahkan hasil peningkatan penjualan yang pesat pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan promotion mix yang di terapkan oleh PT. Matoa Indonesia Digdaya dalam meningkatkan penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh langsung dengan melakukan wawancara kepada Taufik M Ridwan selaku Kepala Marketing dari Matoa Indonesia, Raditya Rizki Putra selaku Kepala Finance dari Matoa Indonesia, Anandiani K Noviar dan Bobby selaku customer Matoa Indonesia. Selain itu data juga didapatkan melalui hasil observasi partisipan, studi kepustakaan serta dokumentasi berupa foto. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan promotion mix telah Matoa Indonesia terapkan dalam melakukan pemasaran produknya dan juga guna meningkatkan penjualan. Dari turunan promotion mix yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan yaitu sales promotion. Penggunaan konten yang simple dan dapat diterima khalayak sangatlah terlihat jelas. Sedangakan turunan lainnya hanya pendukung dalam meningkatkan penjualan dan pengenalan merek yang dilakukan oleh Matoa Indonesia. Hasilnya hingga saat ini Matoa Indonesia tetap eksis di dunia industri kreatif dan menjadi pioneer jam tangan kayu.

Kata Kunci : promotion mix, sales promotion, peningkatan penjualan.


Keywords


promotion mix, sales promotion, peningkatan penjualan.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit Alfabeta

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Erlagga

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey. Pearson Prentice Hall, Inc.

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10184

Flag Counter   Â