Brand Placement sebagai Strategi Promosi Produk

Ghaisani Masturahayu, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. The film industry have become a chance large for business operators in promoting products that on save in certain describe the state of scene, the character of a figure in the film and setting a place, time or culture in a film convey a message is communication and real. Hence the business people musrifun always work extra to create innovation in this case products in the contents of the film scene. A lot of cinema films have been working with the company in terms of with a marketing is to enhance brand placement as advertising a product in the movie AADC (What Is With The Love 2) which in certain scene have been over enter advertising a product Aqua as the main sponsor. Research purposes to know factor which to base created brand placement. To know brand placement as a strategy product promotion Aqua. And to know feedback on brand placement as a strategy product promotion Aqua in a movie AADC ( What Is Wrong With Love 2).The methodology qualitative this is the case study trying to map the single case multi level in placement analysis brand as a strategy product promotion Aqua in a movie AADC 2. Research results explained that factors that the brand placement created to the Aqua for his film AADC 2 as film interested in the audience so the audience Danone work to promote Aqua products in which in fact, feedback from the audience well as accept any brand aqua the placement.           

Keywords: Brand placement, Product Promotion Strategy, Film AADC 2

 

Abstrak. Industri film telah menjadi kesempatan besar bagi pelaku usaha dalam mempromosikan produk-produk yang di simpan dalam scene tertentu yang menggambarkan keadaan, karakter tokoh dalam film dan setting  tempat, waktu maupun budaya dalam film yang dianggap dapat menyampaikan pesan komunikasi yang lebih baik dan nyata. Oleh karena itu pihak perlaku usaha selalu bekerja ekstra untuk menciptakan inovasi dalam hal ini menembuskan produk iklannya dalam scene film. Banyak sekali film-film bioskop sudah bekerjasama dengan pihak perusahaan dalam hal meningkatkan pemasaran dengan strategi brand placement seperti iklan produk di film AADC (Ada Apa dengan Cinta) 2 yang dalam scene tertentu sudah di masukkan produk iklan Aqua sebagai sponsor utama. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi dasar menciptakan brand placement. Untuk mengetahui brand placement sebagai strategi promosi produk Aqua. Serta untuk mengetahui feedback terhadap brand placement sebagai strategi promosi produk Aqua di film AADC (Ada Apa Dengan Cinta 2). Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berupaya memetakan pola Single Case Multi Level Analysis pada brand placement sebagai strategi promosi produk Aqua di film AADC (Ada Apa Dengan Cinta 2). Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor yang menjadi dasar menciptakan brand placement pada produk Aqua karena film AADC 2 sebagai film yang diminati oleh khalayak penonton sehingga pihak Danone bekerjama untuk mempromosikan produk Aqua yang di mana dalam kenyataannya, feedback dari penonton baik serta menerima adanya brand placement Aqua tersebut.

Kata Kunci : Brand placement, Strategi Promosi Produk, Film AADC 2


Keywords


Brand placement, Strategi Promosi Produk, Film AADC 2

Full Text:

PDF

References


Baksin, Askurifai. 2003. Membuat Film Indie itu Gampang. Bandung: Katarsis.

Galician Aaker, 2006. Manajemen Ekuitas Merek. Edisi Pertama. Terjemahan. Jakarta: Mitra Utama.

Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Gelora Aksara Pratama

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid V, Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid V, Jakarta : Erlangga.

Weiss, Mitch. 2005. Manajemen Iklan di Media Konvergensi, Jakarta. PT. Gramedia Grup

Widyatama, Rendra, 2007 Pengantar Periklanan, Jakarta : Buana Pustaka Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9936

Flag Counter   Â