Point of Purchase dalam Menginformasikan Produk

Faris Luthfi Mahmoeddin, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. Borma is one of the well known supermarkets in Indonesia especially in Bandung.    Borma is known for its diversity of products different from its competitors and also because its price is always cheaper than its competitors. In informing the product, Borma routinely uses Point Of Purchase (P-O-P). One branch of Borma that maximizes the use of P-O-P is Borma located in the area Cipadung - Ujungberung Bandung. In P-O-P used in Borma Cipadung there is P-O-P Function of Giving Information, Reminding Products, Pushing Purchasing, and Packaging Products. The purpose of this research is to know the function of P-O-P in Borma, to know the P-O-P Material in Borma, to know the P-O-P Display Form in Borma, and to find out the Reasons for Use of P-O-P at Borma. The research method used is qualitative with case study approach. Subject of this research is informant Ahmad Sahrudin as Asisstant Store Manager Borma Cipadung. Data collection techniques conducted in this study using interviews, and bibliography. The results of the research The function of P-O-P has been running well especially in Informing Products. Materal P-O-P used iron, paper, stryfoam, printing, laminating, computer price checking, and so forth. The P-O-P Display Form used in Borma There - Settings, Rack & Cases, and Dump Bins. The reason for using P-O-P in Borma is because it can be a good medium of information delivery and able to increase sales.

Keywords : Borma, Point Of Purchase (P-O-P), Information, Product, Function, Display, Material

 

Abstrak. Borma merupakan salah satu supermarket yang cukup dikenal di Indonesia terutama di Bandung. Borma dikenal karena keanekaragaman produknya yang berbeda dari para kompetitor dan juga karena  harganya yang selalu lebih murah dari para kompetitor. Dalam menginformasikan produk, Borma rutin menggunakan Point of Purchase (P-O-P). Salah satu cabang Borma yang memaksimalkan penggunaan P-O-P adalah Borma yang terletak di kawasan Cipadung – Ujungberung Kota Bandung. Dalam P-O-P  yang digunakan di Borma Cipadung terdapat Fungsi P-O-P yaitu Memberi Informasi, Mengingatkan Produk, Mendorong Pembelian, dan Pengemasan Produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Fungsi P-O-P di Borma, untuk mengetahui Material P-O-P di Borma, untuk mengetahui Bentuk Display P-O-P di Borma, dan untuk mengetahui Alasan Penggunaan P-O-P di Borma. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah informan Ahmad Sahrudin sebagai Asisstant Store Manager Borma Cipadung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dan kepustakaan. Hasil dari penelitian Fungsi P-O-P telah berjalan dengan baik terutama dalam Menginformasikan Produk. Material P-O-P yang digunakan besi, kertas, stryfoam, printing, laminating, komputer pengecekan harga, dan sebagainya. Bentuk Display P-O-P yang digunakan di Borma There – Setting, Rack & Cases, dan Dump Bins. Alasan Penggunaan P-O-P di Borma adalah karena mampu menjadi media penyampai informasi yang baik dan mampu meningkatkan penjualan.

Kata Kunci : Borma, Point Of Purchase (P-O-P), Informasi, Produk, Fungsi, Display, Material


Keywords


Borma, Point Of Purchase (P-O-P), Informasi, Produk, Fungsi, Display, Material

Full Text:

PDF

References


Anne, Yusuf, & Aning. 2016. Spesia “Promosi Bisnis Dalam Membangun Hubungan Dengan Konsumenâ€

Berman dan Evans. 2007. Retail Management : A Strategic Approach. New York: Macmillan.

Bimo, Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi 13 Jakarta : Erlangga.

Shimp, A Terrence. 2003. Periklanan & Promosi. Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Tjiptono, Fandy. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : ANDI

Wahyono, Teguh. 2004. Sistem Informasi Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wijayanti, Titik. 2012. Marketing Plan! Dalam Bisnis. Edisi 1. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9740

Flag Counter   Â