Promosi Aplikasi KAI ACCESS dengan Minat Beli Tiket Online

Anggita Ayu Kusumawhardani, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. The large number of people in Indonesia, as one of the reasons why public transport is a much-needed tool and more and more people are interested in using public transportation. One of the trasnportasi land that much favored by the public is the train. The purpose of this research is to know the relationship between KAI ACCESS application promotion through PT KAI website website with the interest of buying tickets online. Theory used is the theory of S-R (Stimulus-Response) promotion through the website (there are websites, there are advertisements and sales promotions, and there are events) The research was conducted by spreading questionnaires on Students Management Department 2013 University Pancasila Jakarta, amounting to 100 respondents. In this study, researchers used correlational quantitative methodology. The result of this research is promotion of application through website with correlation coefficient value of 0.775 (strong), content of communication message on website with correlational coefficient value of 0.722 (strong), KAI event with correlation coefficient value of 0.779 (strong). The conclusion in this research is that there is a strong relationship between ACCESS KAI Application promotion with the interest of buying tickets online.

Keywords: website, promotion, communication message content, KAI event, buying interest


Abstrak. Banyaknya jumlah manusia di Indonesia, sebagai salah satu alasan mengapa transportasi umum merupakan alat yang sangat dibutuhkan dan semakin banyak orang yang berminat untuk menggunakan transportasi umum. Salah satu trasnportasi darat yang banyak digemari oleh masyarakat yaitu kereta api. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara promosi aplikasi KAI ACCESS melalui situs website PT KAI dengan minat beli tiket secara online. Teori yang digunakan yaitu teori S-R (Stimulus-Response) promosi melalui website (terdapat website, terdapat iklan dan promosi penjualan, serta terdapat event) Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner pada Mahasiswa Jurusan Manajemen 2013 Universitas Pancasila Jakarta, berjumlah 100 responden. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metodologi kuantitatif korelasional. Hasil dari penelitian ini yaitu promosi Aplikasi melalui website dengan nilai koefisien korelasional sebesar 0.775 (kuat), isi pesan komunikasi pada website dengan nilai koefisien korelasional sebesar 0.722 (kuat), event KAI dengan nilai koefisien korelasional sebesar 0.779 (kuat). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, terdapat hubungan yang kuat antara promosi Aplikasi KAI ACCESS dengan minat beli tiket secara online.

Kata kunci: website, promosi, isi pesan komunikasi, event KAI, minat beli.


Keywords


website, promosi, isi pesan komunikasi, event KAI, minat beli.

Full Text:

PDF

References


A, Shimp,Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Julia, Aan; Yusuf, Hamdan; Anne, Ratnasari. 2017. “Promosi Penjualan Produk Melalui Instagramâ€, Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora.

Pratomo Adithya, Dani Rahadian. 2013. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Kamar Di Hotel Benua Bandungâ€, dalam Jurnal Binus Business Review. Vol. 4 No. 2 November 2013.

Sofyan, Aning; Yusuf, Hamdan; Anne, Ratnasari. 2017. “Implementasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnisâ€.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9732

Flag Counter   Â