MOTIF PENGGUNAAN AKUN @KMMKunisba PADA SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DI KALANGAN MAHASISWA
Abstract
Mahasiswa sebagai salah satu aspek terpenting dalam sebuah institusi/lembaga pendidikan, memiliki banyak kebutuhan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Kebutuhan tersebut tidak akan efektif jika dilakukan dengan cara manual. Sebagai salah satu jurusan favorit di UNISBA, Manajemen Komunikasi Fikom UNISBA membuat sebuah media informasi yang cepat dan mudah di akses melalui twitteryaitu akun @KMMKunisba.Akun tersebut dibuat sebagai sarana informasi bagi mahasiswa Manajemen Komunikasi Fikom UNISBA.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan pada mahasiswa dalam penggunaan akun @KMMKunisba pada situs jejaring sosial twitter.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis data deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan MANKOM Fikom UNISBA yang tergabung menjadi followers akun twitter @KMMKunisba. Dengan menggunakan teknik simple random sampling.Dengan jumlah sampel 91 responden dan menggunakan teori uses and gratification.Hasil penelitian ini adalah bahwa motif mahasiswa mengakses akun twitter @KMMKunisba adalah untuk pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan cukup tinggi.Peneliti menyarankan agar kedepannya akun twitter @KMMKunisba ini bisa menampilkan informasi-informasi lebih banyak lagi dan menambah variasi informasi yang disampaikan guna meningkatkan motif pemenuhan kebutuhan informasi akademik mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komara,Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian (Suatu pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Effendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Ilmu Komunikasi, Bandung: Mandar Maju Bandung.
____________________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aitya Bhakti.
Azwar, Saifuddin. 2011. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Gerungan, W.A. 2002. Psikologi Sosial, Bandung: Retika Aditama.
Hadi, Mulya. 2010. Twitter untuk Orang Awam, Palembang: Maxikom.
McQuail. 1994. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.
Moekijat. 1984. Dasar-Dasar Motivasi. Bandung: Sumur Bandung.
Nazir, Muhammad. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Prihatna, H. 2005. Kiat Praktis Menjadi Web Master Profesional. Jakarta: Elex Komputindo.
Prijana. 2005. Metode Sampling Terapan untuk Penelitian Sosial. Bandung: Humaniora.
Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
________________. 2009. Metode Penelitian Komunikasi (dilengkapi contoh analisis statistik), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Severin, Werner J dan Tankard, James W. 2005. Teori Komunikasi (Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa), Jakarta: Prenada Media.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendy. 1989. Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi, Cetakan Kedua, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Yusup, Pawit M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sumber lain:
Ahmad, Coconia. 2001. Motif Pengunjung Kompas Cyber Media untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Priyambodo, Anggi. 2011. Motif Penggunaan Fitur Blackberry Messanger di Kalangan Mahasiswa. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Pribadi, Indra Arief. 2011. Motif Penggunaan Blog dikalangan Mahasiswa. Bandung: Universitas Padjadjaran.
http://alvonzsusisno.wordpress.com/2009/11/14/teori-motivasi/ diakses pada tanggal 15 Februari 2015 pada pukul 17:32 WIB
http://asafinfo.blogspot.com/2013/10/sejarah-twitter.html di akses pada 15 Februari 2015 pukul 17.38 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.965
  Â