Kredibilitas Penyiar dalam Menarik Minat Pendengar Program Radio

Putri Sakinah, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. Radio Announcer is an officer who works for and how to assemble events and disseminates information, solicitation, appeal, entertaining, shaping up, raising spirits, by relying on the ability to talk through radio directly or indirectly. Here I have the purpose of research that is to know about Initial Credibility, Devired Credibility and Terminal Credibility of Broadcasters in Interesting Interest in Radio Listener Urban 106.3 Fm Bandung.  In this study researchers used descriptive method with quantitative approach. In this study the population used is all followers official account Urban Radio Bandung According to the observation of the author on the account Instagram Urban Radio Bandung (@urbanbandung) the number of followers account is as many as 10,700 people. To determine how many samples are needed, the authors use the Taro Yamane formula where this formula is used for large populations (over 500 populations) derived from population use (Kriyantono 2010: 164). The Yamane formula has a precision level of 10% and a confidence level of 90%. Therefore the number of samples in this study is 99.0740 people, if rounded then the number of samples in this study is 100 people who are listeners from Urban Radio especially for programs broadcast by Kezia Kanza. Based on the results of the research described in the previous chapter, then overall the results showed that the majority of respondents considered that the credibility of the announcer of the Urban Radio Kezia Kanza is good.

Keyword: credibility, announcer Kezia Kanza, audience interest


Abstrak. Penyiar Radio adalah seorang petugas yang bekerja untuk dan dengan cara merangkai acara dan melakukan penyebaran informasi, ajakan, himbauan, menghibur, membentuk suasana, menimbulkan semangat, dengan mengandalkan kemampuan berbicara melalui radio secara langsung maupun tidak langsung. Di sini saya  memiliki tujuan dari penelitian yaitu agar mengetahui tentang Initial Credibility, Devired Credibility dan Terminal Credibility dari Penyiar dalam Menarik Minat Pendengar Radio di Urban 106,3 FM Bandung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah semua followers akun official Urban Radio Bandung Menurut hasil observasi penulis pada account Instagram Urban Radio Bandung (@urbanbandung) jumlah followers account tersebut sebanyak 10.700 orang. Untuk menentukan berapa besar sampel yang diperlukan, penulis menggunakan rumus Taro Yamane di mana rumus ini digunakan untuk populasi dalam jumlah yang besar (lebih dari 500 orang populasi) yang didapat dari penggunaan populasi (Kriyantono 2010:164). Rumus Yamane memiliki tingkat presisi sebesar 10% dan tingkat kepercayaan 90%. Maka dari itu jumlah sampel pada penelitian ini adalah 99,0740 orang, jika dibulatkan maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan pendengar dari Urban Radio terutama untuk program yang disiarkan oleh Kezia Kanza. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan pada bab sebelumnya, maka secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai bahwa kredibilitas penyiar Urban Radio yaitu Kezia Kanza sudah baik.

Kata Kunci:   kredibilitas, penyiar Kezia Kanza, minat pendengar


Keywords


kredibilitas, penyiar Kezia Kanza, minat pendengar

Full Text:

PDF

References


Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rakhmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Isaac, S. dan W. B. Michael. (2011) Handbook in Research and Evaluation, Edits Publishers, San Diego

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9562

Flag Counter   Â