Strategi Komunikasi Divisi Safety di PT. Indo Japan Steel Center (IJSC)

Chairul Rozi Tri Juliarsid, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. In the world of work, the problems that often arise in the world of work itself is a health and safety problem of employees who where it is very related and very attached to the work accident. Losses incurred due to work accidents are not only in the form of material losses that are large but more than that but will also cause casualties. Problems that occur in the company is still lack of awareness of employees to the importance of Occupational Safety and Health (K3) by not complying with what the standards of implementation of K3, Shortcut and so forth. This study aims to find out how the communication strategy used by the safety division at PT Indo Japan Steel Center in disseminating health and safety to its employees while in work environment. The focus of this research is the communication strategy of safety division in Socializing Health and Safety at employees at PT Indo Japan Steel Center is seen from three ways that is by knowing how the target of communication, knowing the message conveyed, and knowing how the media selection is used as supporters in socializing K3. This research is a research that uses research methods that try to describe or describe the object under study based on the facts that exist in the field. In this study the researchers took a population of three (3) people who made the resource. The sample in this research is by purposive sampling. The main sources in this study are two (2) people, namely General Manager at PT Indojapan Steel Center and Head of Safety division at PT Indojapan Steel Center, while additional sources as a complement of this research is Secretary of Safety Division at PT Indojapan Steel Center. The result of the research is in doing socialization K3, safety division set the audience that is all people who are environment PT Indojapan Steel Center. The message conveyed by the division of safety in socializing K3 is to adjust to work activities that have been made by the safety division. Determining the type of media used is one important thing with the aim of disseminating information to the audience or employees, while the media that has been used by the division of safety in socializing K3 in the form of print and audio visual media. And the determination of communicators by the division of safety in socializing K3 is in accordance with the theory used where communicators division of safety in socialize K3 already has the credibility and appeal as if a communicator.

Keywords: Communication Strategy, Safety Division of PT Indojapan Steel Center, Health and Safety Socialize


Abstrak. Di dalam dunia kerja, permasalahan yang sering timbul dalam dunia kerja itu sendiri adalah masalah kesehatan dan keselamatan kerja dari karyawannya yang di mana hal ini sangat  berkaitan dan melekat sekali dengan kecelakaan kerja. Kerugian yang timbul akibat adanya kecelakaan kerja tidak hanya berupa kerugian materi yang cukup besar namun lebih dari itu namun juga akan menimbulkan korban jiwa. Permasalahan yang terjadi di perusahaan tersebut masih kurangnya kesadaran karyawan terhadap pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan tidak mematuhi apa yang menjadi standar pelaksanaan K3, Shortcut dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Divisi Safety di PT Indo Japan Steel Center dalam mensosialisasikan kesehatan dan keselamatan kerja pada karyawannya ketika berada di lingkungan kerja. Yang menjadi fokus penelitian kali ini adalah strategi komunikasi Divisi Safety dalam Mensosialisasikan Kesehatan dan Keselamatan kerja pada karyawan di PT Indo Japan Steel Center yang dilihat dari tiga cara yaitu dengan mengetahui bagaimana penentuan sasaran komunikasinya, mengetahui pesan yang disampaikannya, dan mengetahui bagaimana pemilihan media yang dijadikan pendukung dalam mensosialisasikan K3. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian yang berusaha menggambarakan atau menjabarkan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Pada penelitian ini peneliti mengambil populasi sebanyak tiga (3) orang yang dijadikan narasumber. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu dengan cara purposive sampling. Yang menjadi narasumber inti dalam penelitian ini ada 2 (dua) orang yaitu General Manager di PT Indojapan Steel Center dan Kepala divisi safety  di PT Indojapan Steel Center, sedangkan narasumber tambahan sebagai pelengkap penelitian ini adalah Sekertaris Divisi Safety di PT Indojapan Steel Center. Adapun hasil dari penelitian tersebut yaitu dalam melakukan sosialisasi K3, Divisi Safety menetapkan khalayak yaitu seluruh orang yang berada dilingkungan PT Indojapan Steel Center. Adapun pesan yang disampaikan oleh Divisi Safety dalam mensosialisasikan K3 yaitu dengan menyesuaikan dengan kegiatan kerja yang telah dibuat oleh Divisi Safety. Penentuan jenis media yang digunakan merupakan salah satu hal penting dengan tujuan menyebarkan informasi kepada khalayak atau karyawan, adapun media yang telah digunakan oleh Divisi Safety dalam mensosialisasikan K3 yaitu berupa media cetak dan audio visual. Penentuan komunikator oleh Divisi Safety dalam mensosialisasikan K3 sudah sesuai dengan teori yang digunakan di mana komunikator Divisi Safety dalam mensosialisasikan K3 sudah memiliki kredibilitas dan daya tarik selayaknya seorang komunikator.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Divisi Safety PT Indojapan Steel Center, Sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja


Keywords


Strategi Komunikasi, Divisi Safety PT Indojapan Steel Center, Sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi. Bandung: CV. Amrico.

Barata, Atep Adya. 2004. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Widjaja, H. A. W. 2008. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta. PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9553

Flag Counter   Â