Perancangan Strategi Promosi Brand Activation pada Loyalitas Pelanggan “Collabonation Meroket Bersama Compass”

Quraisya Ghina, Diajeng Herika Hermanu

Abstract


Abstract. The design of a promotional strategy carried out by a local shoe brand by the name of  Compass which carries out brand activation by collaborating as a strategy. In addition, Compass Shoes also carries out promotional strategies through direct interaction with users through various activities. One of the Brand Activation strategies used is collaborating with well-known bands in Indonesia, namely the Rocket Pilot Group. The research methodology used is descriptive qualitative, namely by collecting data through interviews with 4 informants who are considered to best meet the criteria in the study. Data processing is done by classifying through coding, namely Open Coding, Axial Coding and Selective Coding. The results obtained are that the promotional strategy made by Compass Shoes through brand activation states that consumers are loyal to Compass shoes through this collaboration, because after the collaboration, Compass shoes collaborate with other musicians so that consumers buy more Compass shoes in collaboration with other musicians, so that for the first time a brand is very attached and close to consumers and can make customer loyalty.

Abstrak. Perancangan strategi promosi yang dilakukan oleh sebuah brand sepatu local dengan nama Compass yang melakukan brand activation dengan melakukan kolaborasi sebagai strateginya. Selain itu Sepatu Compass juga melakukan strategi promosi melalui interaksi langsung kpd pengguna melalui berbagai kegiatan. Salah satu strategi Brand Activation yang digunakan adalah berkolaborasi dengan band ternama yang ada di Indonesia yaitu Kelompok Penerbang Roket. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada 4 informan yang dianggap paling memenuhi kriteria dalam penelitian. Pengolahan data dilakukan pengklasifikasian melalui pengkodean yaitu Open Coding, Axial Coding dan Selective Coding. Hasil yang didapat adalah bahwa strategi promosi yang dibuat oleh Sepatu Compass melalui brand activation menyatakan bahwa konsumen loyal pada sepatu Compass melalui kolaborasi tersebut, karna setelah kolaborasi tersebut, sepatu Compass melakukan kolaborasi dengan musisi lainya sehingga konsumen membeli lagi sepatu Compass hasil kolaborasi dengan musisi lainnya, sehingga untuk pertama kalinya sebuah brand sangat melekat dan dekat dengan konsumen dan dapat menjadikan sebuah loyalitas pelanggan.


Keywords


Komunikasi, Perancangan, Strategi Promosi, Brand Activation

Full Text:

PDF

References


Apriliani, D. (2018). Bukannya Klise, Tapi inilah 7 Alasan Orang Kita Gengsi Pakai Produk Lokal. Kamu Termasuk Nggak? Hipwee.Com.

Cahya, K. D. (2019). Cerita Sepatu Compass yang Bikin “Sesak” Jakarta Sneaker Day 2019. Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/201 9/02/08/085332420/cerita-sepatu- compass-yang-bikin-sesak-jakarta- sneaker-day-2019?page=all

Corbin, J. dan A. S. (2015). Tata Langkah dan teknik teknik teoritisasi Data. Dasar Dasar Penelitan Kualitatif, Pustaka Pelajar, 51.

Damayanti, V. (2020). Peluang Usaha Sepatu Brand Lokal Sebagai Ide Bisnis. LokalSupportLokal.

https://lokalsupportlokal.id/usaha- sepatu-brand-lokal/

Dian Reinis Kumampung. (2020). Hunting Sepatu KPR x Compass Edisi Terbatas Ludes Tak Sampai Sejam. Kompas.Com.

https://lifestyle.kompas.com/read/202 0/03/06/125806720/hunting-sepatu- kpr-x-compass-edisi-terbatas-ludes- tak-sampai-sejam?page=all

Dr. Sarmini, S.Pd., MP. (2021). Kerjasama dan Kolaborasi Menjadi Kunci Program Pendidikan Antar Negara. EDURA News Media Komunitas Pendidikan. http://edura.unj.ac.id/edura- news/?p=2234

Dwi, P. (2019). Musik Rock Indonesia Kembali Bergema. Kompas.Id.

https://www.kompas.id/baca/utama/2 019/10/01/musik-rock-indonesia- kembali-bergema

Hasanah, R., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tarif Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Jasa DHL Global Forwarding (Studi pada pengguna jasa DHL Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7, 88–97. file:///C:/Users/RifqiAdrianto/Downloads/13854-26672-1- SM.pdf

Ibrahim, I. S. (2007). Budaya Populer sebagai Komunikasi: Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. 128.

Irma Afifah Humaira. (2020). Sepatu Compass Siap Melejit Kembali. Yonulis.Com. https://yonulis.com/2020/11/08/sepat u-compass-siap-melejit-kembali/

Ismail, I. (2021). Pengertian Perencanaan: Karakteristik, Tujuan, dan Jenis- jenisnya. Accurate.Id. https://accurate.id/marketing- manajemen/pengertian-perencanaan/

Jeihan Kahfi Barlian. (2019). Kolaborasi Digital Marketing Jadi Kunci Keberhasilan Promosi. Swa.Co.Id. https://swa.co.id/swa/trends/kolaboras i-digital-marketing-jadi-kunci- keberhasilan-promosi

Jonathan. (2020). Kolaborasi Tahun ini: Sepatu Compass x Kelompok Penerbang Roket. Pophariini.Com. https://pophariini.com/kolaborasi- tahun-ini-compass-x-kelompo- penerbang-roket/

Kotler, K. (2009). Pengertian, Karakteristik, Faktor Penentu Loyalitas. Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 138. https://www.maxmanroe.com/vid/bis nis/arti-loyalitas.html

Kurnia, D. (2011). Advertising dan Strategi Brand Activation Metro Beringharjo di Yogyakarta. Mara Advertising Dan Strategi Brand Activation Metro Beringharjo Di Yogyakarta (Studi Deskriptif Strategi Program Brand Activation Metro Beringharjo Dalam Membangun Brand Awareness), Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Lamb, Hair, M. D. (2001). Pengertian Strategi Komunikasi Periklanan.

Ridwan Iskandar S.E. https://ridwaniskandar.files.wordpress .com/2009/05/21-pengertian- promosi.pdf

Moekijat. (2000). No Title. Manajemen Pemasaran, Bandung, Mandar Maju, 443.

Morissan A.M. (2010). Jurnal Komunikasi Pemasaran Terpadu. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Penerbit Kecana.

Prawiro, M. (2019). Arti Loyalitas: Pengertian, Karakteristik, Faktor Penentu Loyalitas. Maxmanroe.Com. https://www.maxmanroe.com/vid/bis nis/arti-loyalitas.html

S.Alexander, R. (1965). American Marketing Association. Marketing Definition, Chicago, Amerika.

Semiawan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta, Grasindo.

Steiner, G. A. (1979). Strategic Planning What Every Manager Must Know. The

Free Press America. https://accurate.id/marketing- manajemen/pengertian-perencanaan/

Sugiyono. (2011). Jurnal Metode Penelitian Kualitatif. Kualitatif Dan R&D, Bandung.

Surya, D. (2014). Kolaborasi Brand: Strategi Jitu Memenangkan Kompetisi. OKEfinance. https://economy.okezone.com/read/20 14/04/16/23/971065/kolaborasi-brand-strategi-jitu-memenangkan- kompetisi

Suwarsito, & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan Layanan Indosat Unlimited di Cimanggis Depok). Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 7, 27–35.

file:///C:/Users/Rifqi Adrianto/Downloads/13854-26672-1- SM.pdf

Syafnidawaty. (2020). Jurnal Penelitian Kualitatif. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/10/29/peneli tian-kualitatif/

Tjiptono. (2014). Pengaruh emotional branding dan emotional connection compass terhadap loyalitas pelanggan. 7, 31.

https://scholar.google.co.id/scholar?q =Tjiptono.+(2014).+




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31805

Flag Counter