Bauran Promosi Panser Anoa PT. Pindad

Dewi Anggraini Seskowanti, Dede Lilis Ch.

Abstract


Abstract. Through the commitment to realize the independence of the national defense industry, PT. Pindad continues to intensify research programs and develop the sales of the main tools of defense equipment produced. To achieve this expectation, then PT. Pindad tries to run a marketing communications to promote its products effectively, one of which is the Anoa Panzer. An armored military vehicle used to transport personnel to get recognition from the United Nations and purchased by some neighboring countries.Anoa Panzer is a product that not sold to the public, product promotion is specifically intended for the armed forces, both inside and outside the country. With this study, the researcher wanted to know how is the form of promotion, the media used, and efforts by PT. Pindad in dealing with obstacles when promoting Anoa Panzer. This study used a qualitative method with case study approach. The researcher collected data through interviews, literature study, and study of documents from various parties associated with the promotion of Anoa Panzer.From the research conducted, the researcher obtained results that PT. Pindad conducts various promotional mix to offer Anoa Panzer such as advertising in military magazines, sales promotion through exhibitions, publicity in the mass media, personal sales supported by agents, and direct promotion. Media of promotion divided as above the line media and below the line media. The message conveyed is informative and contains news value. The next obstacle in the promotion of Anoa Panzer is the amount, the nature of the market, and the type of product, as well as the lack of experience of the human resources.

 

Abstrak. Melalui komitmen merealisasikan kemandirian industri pertahanan nasional, PT. Pindad terus menggiatkan program riset dan mengembangkan penjualan alat utama sistem senjata (alutsista) yang diproduksinya. Untuk mencapai harapan tersebut, maka PT. Pindad berusaha menjalankan komunikasi pemasaran dengan mempromosikan produk-produknya secara efektif, salah satunya adalah Panser Anoa. Sebuah kendaraan militer lapis baja yang digunakan untuk mengangkut personel yang mendapatkan pengakuan dari PBB dan dibeli oleh beberapa negara tetangga. Panser Anoa merupakan produk yang tidak diperjualbelikan pada masyarakat, promosi produk ini khusus ditujukan untuk angkatan bersenjata, baik dalam maupun luar negeri. Dengan penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana bentuk promosi, media yang digunakan, dan upaya PT. Pindad dalam menghadapi kendala ketika melakukan promosi Panser Anoa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen dari berbagai pihak yang berkaitan dengan promosi Panser Anoa. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa PT. Pindad melakukan berbagai bauran promosi untuk menawarkan Panser Anoa seperti periklanan di majalah militer, promosi penjualan melalui pameran, publisitas di media massa, penjualan personal yang dibantu agen, dan promosi secara langsung. Media promosi yang digunakan dibagi menjadi dua, yaitu media lini atas dan media lini bawah. Pesan yang disampaikan pun bersifat informatif dan mengandung nilai berita. Selanjutnya, kendala dalam kegiatan promosi Panser Anoa yaitu jumlah dana, sifat pasar, dan jenis produk, serta kurangnya pengalaman SDM yang dimiliki. 



Keywords


Promotional Mix, Media of Promotion, Above the Line, Below the Line

References


Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2010. Marketing Management. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Moloeng, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : Persada.

Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.

Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Soemanagara, Rd. 2008. Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Cetakan ke-12. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4044

Flag Counter   Â