Hubungan Brand Ambassador “Lee Min Ho†dengan Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie
Abstract
Abstract. Commercial is a form of non personal paid communication with clear sponsors, intending to persuade or influence the audience. Various creative ideas have been translated into commercials and some relies upon brand ambassadors. Per definition, brand ambassador is a supporter of the commercial or also known as commercial stars to endorse the goods. Lee Min Ho was chosen as a brand ambassador of Luwak White Koffie by PT. Javaprima Abadi due to his affinity with the intended market segment. The purpose of this research is to identify whether there is a connection between brand ambassador “Lee Min Ho†and the buying decision of consumers to purchase Luwak White Koffie products at Bandung Korea Community.The method utilized in the research utilizes a quantitative method with correlational approach in order to shed light on the relationship between the variable (x), which stands for brand ambassador and variable (Y), which stands for buying decision. Research studies showed that brand ambassador has several elements comprised of visibility, credibility, attraction and power, which relates to the buying decision of Luwak White Koffie at Bandung Korea Community.
Â
Abstrak. Iklan adalah suatu bentuk komunikasi non personal berbayar melalui sponsor yang jelas yang bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi audiens. Berbagai ide kreatif dapat dituangkan dalam iklan salah satunya dengan menggunakan brand ambassador. brand ambassador adalah pendukung iklan atau juga yang dikenal sebagai bintang iklan yang mendukung produk yang diiklankan. Lee Min Ho dipilih sebagai brand ambassador produk Luwak White Koffie oleh PT. Javaprima Abadi karena dianggap sesuai dengan sasaran yang dituju. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara brand ambassador “Lee Min Ho†dengan keptusan pembelian produk Luwak White Koffi di Bandung Korea Community. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional guna mengetahui hubungan di antara variabel (X) brand ambassador dan variabel (Y) keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa unsur-unsur brand ambassador yang terdiri dari visibility, credibility, attraction dan power memiliki hubungan dengan keputusan pembelian produk Luwak White Koffie di Bandung Korea Community.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardial. 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Tony Sitinjak. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding dan Anggaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemsaran. Edisi Ke-13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks
Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Morrisan, Andy Corry Wardhani dan Farid Hamid. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia
Mowen, John C. Dan Michael Minor, 2002, Perilaku Konsumen, Erlangga, Jakarta
Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Royan, Frans M. 2005. Marketing Selebrities: Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu
Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Shimp A., Terence. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta
Sunyoto, Danang. 2011. Praktik SPSS Untuk Kasus..Yogyakarta: Nuha Medika
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3773
  Â