Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram pada Akun @duniakulinerbdg dengan Perilaku Konsumtif Followers-nya

Refianda Yusuf Alfaressa, Mochammad Rochim

Abstract


Abstract. This research is conducted to find out the relationship between the intensity of use @duniakulinerbdg Instagram account and the consumptive behavior, such as frequency, duration, and attention, of its followers. The research method that is used in this research is quantitative with correlational approach. The questionnaire is carried out to collect the data by taking statements from intensity indicator of use as the X-variable and the consumptive behavior as the Y-variable. The questionnaire is intended for followers of @duniakulinerbdg Instagram account with sample of 96 correspondents from total population. Then, the collected data is being interpreted by using statistic test and the hypothesis is being tested by correlation test rank spearman with the help of SPSS version 23. The results of this research are (1) There is a strong enough relationship and unidirectional between frequency at @duniakulinerbdg Instagram account and the consumptive behavior of its followers with the significance value is at 0.002 and the coefficient value is 0.312, (2) There is a strong relationship and unidirectional between duration of @duniakulinerbdg Instagram account and the consumptive behavior of its followers with the significance value is at 0.000 and the coefficient value is 0.475, and (3) There is a strong enough and unidirectional relationship between attention of @duniakulinerbdg Instagram account and the consumptive behavior of its followers with the significance value is at 0.001 and the coefficient value is 0.318.

Keywords: Intensity of Use, Consumptive Behavior, Instagram.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara intensitas penggunaan seperti frekuensi, durasi, dan atensi pada akun Instagram @duniakulinerbdg dengan perilaku konsumtif followers-nya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Kuesioner dilakukan dalam teknik pengumpulan data dengan mengambil pernyataan dari indikator intensitas penggunaan sebagai variabel X dan dari variabel Y yaitu perilaku konsumtif. Pembagian kuesioner dilakukan kepada followers dari akun Instagram @duniakulinerbdg dengan sampel yang berjumlah 96 orang dari total populasi. Data yang terkumpul selanjutnya diinterpretasi menggunakan uji statistik dan dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi rank spearman dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang cukup kuat dan searah antara frekuensi pada intensitas penggunaan akun Instagram @duniakulinerbdg dengan perilaku konsumtif followers-nya dengan nilai signifikansi berada di angka 0,002 dan nilai koefisiensi sebesar 0,312, (2) Terdapat hubungan yang kuat dan searah antara durasi pada intensitas penggunaan akun Instagram @duniakulinerbdg dengan perilaku konsumtif followers-nya dengan nilai signifikansi berada di angka 0,000 dan nilai koefisiensi sebesar 0,475, dan (3) Terdapat hubungan yang cukup kuat dan searah antara atensi pada intensitas penggunaan akun Instagram @duniakulinerbdg dengan perilaku konsumtif followers-nya dengan nilai signifikansi berada di angka 0,001 dan nilai koefisiensi sebesar 0,318.

Kata Kunci: Intensitas Penggunaan, Perilaku Konsumtif, Instagram


Keywords


Intensitas Penggunaan, Perilaku Konsumtif, Instagram

Full Text:

PDF

References


Amalia, I., & Rochim, M. (2020). Instagram sebagai Media Promosi Makanan Khas. Prosiding Manajemen Komunikasi, 381-384.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

de Vreese, C. H., & Neijens, P. (2016). Measuring Media Exposure in a Changing. Communication Methods and Measures, 69-80.

Fromm, E. (2008). The Sane Society. British Library Cataloguing in Publication Data.

Hanifati, A. N. (2015). The Impact of Food Blogger toward. International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS), 149-154.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknolog. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rahmawati, W. H. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Intensitas Komunikasi Orang Tua. Interaksi Online, Vol 7, No 4: Oktober 2019.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2017). Metode Penelitian Komunikasi (Edisi Revisi Kedua). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. (Z. Kasip, Penerj.) Jakarta: PT. INDEKS.

Andrianti Elmy, Rachmawati Indri. (2021). Hubungan antara Tayangan Youtube Saaih Halilintar dengan Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 29-35




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30338

Flag Counter   Â