Periklanan melalui Instagram Story Ads Collage Kit dengan Keputusan Pembelian Konsumen

Vina Aprila, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract, Advertising is one of the most common tools used by companies to convey messages that are products or can be disseminated through mass media, In advertising there are several constituent components namely message content, message structure, message format and message source. Media that is often used in advertising is there is mass media and also social media as well as social media Instagram. One of them is @collage_kit brand that uses Instagram social media more precisely on the Instagram Story Ads feature as a container to advertise its products. The purpose of this study is to find out if there is a relationship between ads in Instagram Story Ads and Consumer Purchasing Decisions on Instagram followers @collage_kit, therefore this study uses the theory of A-T-R (Awerreness, Trial, Reinforcement). The method used is correlational method because it uses two variables (variable X and Y). There is also a sampling technique that he uses with the formula Slovin. The result of this study is that there is a relationship between the installation of Collage Kit ads in Instagram Ads in the following contexts; dimensions of message body, message structure, message format and message source with consumer purchasing decisions.

Keywords: Social Media, Instagram Ads, Collage Kit, Message Body, Message Structure, Message Format, Message Source.

Abstrak, Periklanan merupakan salah satu dari alat yang paling umum digunakan perusahaan guna menyampaikan pesan yang berupa produk atau dapat disebarkan melalui media massa, Dalam iklan terdapat beberapa komponen penyusun yaitu isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan. Media yang sering digunakan dalam beriklan yaitu ada media massa dan juga media sosial seperti halnya media sosial Instagram. Salah satunya brand @collage_kit yang menggunakan media sosial Instagram lebih tepatnya pada fitur Instagram Story Ads sebagai wadah untuk mengiklankan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara iklan di Instagram Story Ads dengan Keputusan Pembelian Konsumen pada followers Instagram @collage_kit, maka dari itu penelitian ini menggunakan teori A-T-R (Awerreness, Trial, Reinforcement). Metode yang digunakan yaitu metode korelasional karena menggunakan dua variable (variable X dan Y). Adapula Teknik sampling yang digunakannya yaitu dengan rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pemasangan iklan Collage Kit di Instagram Ads dalam konteks berikut ini; dimensi isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan dengan keputusan pembelian konsumen.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram Ads, Collage Kit, Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan.


Keywords


Media Sosial, Instagram Ads, Collage Kit, Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan.

Full Text:

PDF

References


Ligharyanti Y. Konstruksi Gender Pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Pada Iklan Susu Bayi SGM Tahun 2010-2013) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mubarok MM. Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Batik Jetis Sidoarjo dimediasi oleh Minat Beli.

Dapu SM, Kawengian DD, Waleleng G. Persepsi khalayak terhadap iklan aqua botol tanpa segel plastik (Studi di Kelurahan Malalayang I Timur Kota Manado). ACTA DIURNA KOMUNIKASI. 2015;4(3).

Nugraha, Rahadianti. 2020. “Strategi Konten Kreatif Collage Kit di Instagramâ€. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sarabhande. 2020. “Strategi Branding “Collage Kit†dalam Membentuk “Colorful†Outfitâ€. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Utami YP, Cahyono DA. Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 2020 Jun 29;1(1):20-6.

Azis Alamsyah Nusantara, Sofyan Aning. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29988

Flag Counter   Â