Penerapan Electronic Word of Mouth dalam Memasarkan Jasa Event Organizer

Muhammad Faizal Zein, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. One of the terms present to mean an activity known as event organizer. Currently, several companies are implementing the electronic word of mouth (EWOM) process in which companies do marketing via the internet or online media by using social media as a tool to get a wider market. CV.AHF PROJECT INDONESIA is one company that provides event organizer services by conducting a marketing process by electronic word of mouth (EWOM). This study aims to see how and why the process of electronic word of mouth of CV. AHF PROJECT INDONESIA through communication media to market event organizer services and alarm reasons in building AHF School and AHF Campus communities to create HR. This study uses a qualitative method with a case study approach. In this case the researcher tries to find out the pattern of data information in marketing event organizer services by applying the electronic word of mouth process carried out by the company CV. AHF PROJECT INDONESIA. The results of this study are the application of the electronic word of mouth process carried out by CV. AHF PROJECT INDONESIA in marketing organizer event services using the company's online media, namely Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, Website, and Youtube, and also assisted by online media. Instagram is owned by HR in the form of a community, namely AHF School and AHF Campus by publishing content in the form of videos and photos where the video can also be in the form of animation to market a company event organizer service by introducing company identity and also using a flayer containing the word "Organized by AHF PROJECT "to carry out activities carried out by the Company, and so that the masses and the public know that it is CV.AHF PROJECT INDONESIA that carries out these activities.

Keywords: Electronic Word Of Mouth, Internet Media (Online), Event Organizer, CV.AHF PROJECT INDONESIA, Community.

Abstrak. Salah satu istilah hadir untuk mengartikan suatu kegiatan yaitu yang dikenal dengan istilah event organizer. Saat ini beberapa perusahan menerapkanp proses electronic word of mouth (EWOM) yang dimana perusahaan melakukan pemasaran dengan melalui media internet atau online dengan menggunakan media sosialnya juga sebagai alat untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. CV.AHF PROJECT INDONESIA merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa event organizer dengan melakukan proses pemasaran secara electronic word of mouth (EWOM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan mengapa proses electronic word of mouth CV.AHF PROJECT INDONESIA melalui media komunikasi untuk memasarkan jasa event organizer dan mengetahui alasan dalam membangun komunitas AHF School dan AHF Campus untuk di jadikan SDM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam hal ini peneliti berusaha mencari tahu pola pengumpulan informasi data dalam memasarkan jasa event organizer dengan menerapkan proses electronic word of mouth yang dilakukan perusahaan CV.AHF PROJECT INDONESIA. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan proses electronic word of mouth yang dilakukan oleh CV.AHF PROJECT INDONESIA dalam memasarkan jasa event orgnaizer dengan menggunakan media online perusahaan yaitu media instagram, facebook, twitter,whatsapp, website, dan Youtube, dan juga dibantu dengan media online instagram yang dimiliki oleh SDM yang dibentuk komunitas yaitu AHF School dan AHF Campus dengan mempublikasikan konten berbentuk video dan foto yang dimana video tersebut juga bisa berupa animasi untuk memasarkan sebuah jasa event organizer perusahaan dengan memperkenalkan identitas perusahaan dan juga menggunakan flayer yang mencantumkan kata “organized by AHF PROJECT†untuk mempromosikan sebuah kegiatan event yang dilakukan oleh Perusahaan, dan agar massa dan masyarakat tahu bahawa yang melaksanakan kegiatan event tersebut adalah CV.AHF PROJECT INDONESIA.

Kata Kunci: Elektronik Dari Mulut Ke Mulut, Media internet (Online) , Event Organizer, CV.AHF PROJECT INDONESIA, Komunitas.


Keywords


Elektronik Dari Mulut Ke Mulut, Media internet (Online) , Event Organizer, CV.AHF PROJECT INDONESIA, Komunitas.

Full Text:

PDF

References


Ali Zaki, 2009, Kiat Jitu Membuat Website Tanpa Modal, Penerbit Elexmedia Komputindo, Jakarta

Arum Faiza, Sabila J Firda, dkk.2018. Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: Penerbit Ernest.

Hamid, Farid. 2013. New Media dan Arus Demokratisasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Mercu Buana.

Hadi, Mulya. 2010. Twitter untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom

Herdiansyah, Haris. 2015. Wawancara, Observasi dan Focus Group. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Interprise. 2012, Chatting Tanpa Batas Menggunakan Whatsapp. Jogjakarta: PT Alex Media Komputindo

Mulyana, Deddy. 2001. Komunikasi Organisasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nisrina. 2015. Bisnis Online: Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta:Kobis.

Prof. Dr. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. Jakarta: PT. Buku Seru.

Swastha, Basu DH. 1999. Manajemen Pemasaran Modern Liberty: Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, Singgih Santoso. 2001. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta:

Elex Media Komputindo. Zarella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Litvin, S.W., Goldsmith, R.E. & Pan, B. 2008. “Electronic Word-of-Mouth in Hospitality and Tourism Management. Tourism Management†29, 458-468.

Mohammad Reza Jalilvand, neda samiei. 2012. "The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention", Marketing Intelligence & Planning,Vol. 30.

Nyaki Everlena Sauyai Nolly Londa Edmon Royan Kalesaran. 2017. “Manfaat Jejaring Sosial Facebook Bagi Mahasiswa Asal Papua Yang Kuliah Di Fispol UNIVERSITAS SAMRATULANGI MANADO†e-journal “Acta Diurna†Volume VI. No. 2. Tahun 2017

Tjanatjantia. Widika. (2013). Sejarah Berdirinya Youtube _ Sejarah Dunia. Retrieved from https://canacantya.wordpress.com/ sejarah/ sejarah berdirinya-Youtube

Ramadiansyah Surya, Chaerowati Dede Lilis. (2021). Pemasaran Interaktif melalui Media Sosial sebagai Sarana Promosi Applecoast Clothing. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29634

Flag Counter   Â