Strategi Promosi melalui Social Media Marketing EL Pietro Coffee

Taufik Rochman Anwari Husen, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. At this very moment many of the millennial generation were spending time at coffeshop. And one of the coffeshop that uses promotion through social media is el pietro coffee. El pietro coffee is a coffeeshop that gives the shades clean and neat. What makes el pietro coffe unique is that this coffeshop promotes its products by doing a vice ora joint market with various brands of food. The purpose of the study is (1) to identify a form of promotion made through the social media marketing of el pietro coffee (2) to identify the marketing strategies by using a combination ora joint market (3) to find out the steps of el pietro coffee (4) to find out the reason for the promotion done by el pietro coffee using a jumped or a joint market. Method chosen by researchers to do research In regard to social media marketing strategies in instagram ora joint market, this is a qualitative method with a case study approach. The data-collection techniques used in this study are through interviews, documenting, literature studies and Internet sources.

Keywords: Social Media Marketing, Instagram, el Pietro Coffee, Collaboration

Abstrak. Pada saat ini banyak generasi muda millennial yang menghabiskan waktunya di coffeshop. Dan salah satu coffeshop yang menggunakan promosi melalui social media adalah el Pietro Coffee. el Pietro Coffee adalah sebuah coffeeshop yang memberikan nuansa bersih dan rapi. . Yang menjadikan el Pietro Coffe unik adalah coffeshop ini mempromosikan produknya dengan melakukan collaboration atau joint market dengan berbagai brand makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk promosi yang dilakukan melalui Social Media Marketing el Pietro Coffee (2) untuk mengetahui bentuk strategi marketing dengan menggunakan collaboration atau joint market (3) untuk mengetahui langkah-langkah el Pietro Coffee dalam bentuk strategi promosi  (4) untuk mengetahui alasan promosi yang dilakukan oleh el Pietro Coffee dengan menggunakan collaboration atau joint market. Metode yang dipilih oleh peneliti untuk melakukan penelitian mengenai strategi social media marketing di Instagram dalam bentuk collaboration atau joint market ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan dan sumber internet.

Kata Kunci: Social Media Marketing, Instagram, el Pietro Coffee,    Collaboration


Keywords


Social Media Marketing, Instagram, el Pietro Coffee, Collaboration

Full Text:

PDF

References


Basu, Swastha DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasara Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset.

Creswell, John. W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Emily R. Lai, Collaborations: A Literature Review, (Pearson, 2011)

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition. London: Pearson Education Inc.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, PublicRelation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis KasusIntegrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia PustakaUtama.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ramadiansyah Surya, Chaerowati Dede Lilis. (2021). Pemasaran Interaktif melalui Media Sosial sebagai Sarana Promosi Applecoast Clothing. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29426

Flag Counter   Â