Strategi Promosi Social Media Marketing Produk Custom Lukis

Agung Prasetya, Endri Listiani

Abstract


Abstract. In these days, there are many companies and business in the custom fashion, especially in Bandung. As a city of fashion, many companies in Bandung are engaged to original custom fashion. Welltrust.co is one of a business from Bandung which focus on marketing custom fashion painting. This research use a qualitative approach with a case study method. The Sample in this study is involving six people from the community. The research data obtained through observation, interviews, literature study, documentation and online data search. The validity test used Data Triangulation. And the result is indicate that Welltrust.co chooses Social Media method because the social media role that can be used to running a custom painting business which could increase the brand awareness and promotion at the least costs. Social Media Marketing steps carried out by Welltrust.co are; using the advantage of Instagram feature, such as hashtag feature, Paid Promote and Endorsement. The ease of Participation, Openess, Conversation, Community and Connectedness from this Marketing method. But there are difficulties Welltrust.co faces in running its business, that is competitor.

Keywords: Instagram, Custom Painting, Social Media Marketing

Abstrak. Sekarang ini tengah banyak perusahaan-perusahaan atau bidang usaha di bidang  fashion, yang sedang banyak dilirik adalah fashion custom, khususnya di Kota Bandung. Sebagai kota fashion, banyak perusahaan di Kota Bandung yang ikut bergerak di bidang custom fashion. Salah satunya adalah Welltrust.co. Welltrust.co merupakan salah satu bisnis asal Kota Bandung yang fokus dalam memasarkan fashion custom lukis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan pencarian data online. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dalam hal ini Welltrust.co memilih media sosial karena peran media sosial yang dapat dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis custom lukis salah satunya sosial media meningkatkan brand awareness dan promosi dengan biaya yang minim. Langkah-langkah Social Media Marketing yang dilakukan Welltrust.co yaitu dengan memanfaatkan fitur Instagram yaitu fitur hashtag dan didukung dengan Paid Promote dan Endorsement. Kemudahan yang didapatkan Welltrust.co diantaranya Participation, Openess, Conversation, Community, dan Connectedness. Namun ada kesulitan yang dihadapi Welltrust.co dalam menjalankan bisnisnya yaitu competitor.

Kata kunci: Instagram, Custom Painting, Social Media Marketing


Keywords


Instagram, Custom Painting, Social Media Marketing

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2016. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: Rineka Cipta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L.J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Keenam. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 1986. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusumo, R. (2012). Pengaruh Media Sosial Terhadap Customer Retention (Studi Kasus Pada J.Co), Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Indonesia.

Gunelius, Susan. 2011.30 Minute Social Media Marketing. United States : McGraw Hill

Tuten, Tracy L. 2008. Advertising 2.0 Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Connecticut : Praeger

Siswanto, Tito. "Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah." Liquidity 2, no. 1 (2013): 80-86.

Supradono B, Hanum AN. Peran Sosial Media Untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Value Added| Majalah Ekonomi dan Bisnis. 2011;7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25220

Flag Counter   Â