Hubungan antara Iklan dengan "Brand Loyalty"

Vanya Andini, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. Marketing communication is needed to promote a brand that is carried out by the company to attract public attention. One of the steps taken is to use advertisements through various mass media and social media, one of which is Instagram. Currently Instagram is an influential place of promotion, because it is a social media used by many people. The advertisement is carried out to convey messages related to the product or service being marketed. Tiket.com uses the top artists of the RANS family to be the star of its advertisements, by sponsoring their trips around the world. This research was conducted to determine whether there is a relationship between Tiket.com RANS advertisements on Instagram and brand loyalty followers. The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between Tiket.com RANS advertisements on Instagram with brand loyalty consisting of three indicators namely intensity, message content and attractiveness. The method used is a quantitative method with a rank spearman correlational approach which can test whether there is a relationship between advertising and brand loyalty. Sampling in this study using simple rendom sampling by distributing questionnaires to the Instagram followers of Tiket.com, amounting to 97 respondents. This study uses the theory of media exposure which bridges the variable X (advertising) with the variable Y (brand loyalty). The results of this study indicate that the Advertisement conducted by Tiket.com RANS on Instagram media has a significant and significant relationship with brand loyalty followers. This significant relationship shows that the intensity of the ad is uploaded 3 times a day, the contents of the advertising message regarding the discount information offered, and the attractiveness of the selection of ad stars and the concepts used have a relationship in the formation of follower brand loyalty.

Keywords: Advertising, Intagram, Tiket.com Brand Loyalty, correlational.

Abstrak. Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mempromosikan suatu brand yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk menarik perhatian khalayak. Salah satu langkah yang dilakukan ialah menggunakan iklan melalui berbagai media massa dan media sosial, salah satunya instagram. Saat ini instagram menjadi tempat promosi yang berpengaruh, karena menjadi media sosial yang digunakan oleh banyak orang. Iklan tersebut dilakukan untuk menyampaikan pesan terkait produk atau jasa yang dipasarkan. Tiket.com menggunakan artis papan atas RANS family menjadi bintang iklannya, dengan cara mensponsori perjalanannya keliling dunia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara iklan Tiket.com RANS di instagram dengan brand loyalty followers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara iklan Tiket.com RANS di instagram dengan brand loyalty yang terdiri dari tiga indikator yaitu intensitas, isi pesan dan daya tarik. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional rank spearman yang bisa menguji apakah ada hubungan antara iklan dengan brand loyalty. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simpel rendom sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada followers instagram Tiket.com yang berjumlah 97 responden. penelitian ini menggunakan teori Terpaan Media yang menjembatani Variabel X (iklan) dengan variabel Y (brand loyalty). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan yang dilakukan Tiket.com RANS pada media instagram memiliki hubungan yang cukup berarti dan signifikan dengan brand loyalty followers. Hubungan yang cukup berarti tersebut menunjukkan bahwa intensitas iklan berupa unggahan sebanyak 3 kali dalam sehari,isi pesan iklan mengenai informasi potongan harga yang ditawarkan, dan daya tarik berupa pemilihan bintang iklan dan konsep yang digunakan miliki hubungan dalam terbentuknya brand loyalty followers.

Kata Kunci: Iklan, Instagram, Tiket.com, Brand Loyalty, korelasional. 


Keywords


Iklan, Instagram, Tiket.com, Brand Loyalty, korelasional

Full Text:

PDF

References


Andriani, Meta dan Frisca Dwi Bunga. 2017. Faktor Pembentukan Brand Loyalty : Peran Self Concept Connection, Brand Love, Brand Trust dan Brand Image.

Ardianto, D. 2014. Understanding Social Media enabled Participation and Resilience in Urban Farming Communities. Proceedings of the 26th Australian Computer Human interaction conference.

Djaslim, Saladin. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Krisyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kotler, Philip & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Tiga Belas. Jakarta : Erlangga.

Kusuma, Yohanes Surya. 2014. Pengaruh Brand Loyalty melalui Brand Satisfaction dan Brand Trust Harley Davidson Di Surabaya. Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra.

Liliweri, Alo. 1992. Dasar-dasar Komunikasi Periklanan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Nasrullah, R. 2015. Media Sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Jakarta : Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ratnasari, Hamdan, Julia. 2017. Promosi Penjualan Produk Melalui Instagram. Jurnal Inter komunikasi. Universitas Islam Bandung, Volume 2, Nomor 2, Tahun 2017. (hlm 102).

Wells, William, dkk. 2011. Advertising. Edisi kedelapan. Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25171

Flag Counter   Â