Fungsi Media Sosial dan Penyajian Informasi Terkait Pandemi Covid-19

Mochamad Rifky Fajrullah, Yulianti Yulianti

Abstract


Abstract. Information needs have now become part of human life, therefore information is considered important because it has a factual and actual nature, the need for this information can be obtained through the media. Information related to the current covid-19 pandemic can be easily searched on Instagram social media, one of themedia online that provides information related to the covid-19 pandemic is the @ kawalcovid19.id account. The social media Instagram @ kawalcovid19.id currently has a total number of followers of 195,000 which has been set on August 25, 2020. The method used in this research is a quantitative method with a descriptive research approach. The sampling technique in this study used random sampling,sampling which is atechnique for the population to get the required amount using the formula from Taro Yamane, which is 400 samples from the population of followers of Instagram @ kawalcovid19.id. The use of theory in this research is social media and information presentation. The results of this study indicate that social media functions regarding context, communication, collaboration, and connection are stated to be good, and the presentation of information related to the Covid-19 pandemic regarding information structure, message style, and information attractiveness is stated to be good. The results of each of these variables are based on descriptive analysis criteria.

Keywords: COVID-19, Social Media, Information Presentation,  Instagram.

Abstrak. Kebutuhan informasi saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, oleh karena itu informasi dianggap penting karena memiliki sifat yang faktual dan aktual, adanya kebutuhan mengenai informasi tersebut dapat diperoleh melalui media. Informasi terkait pandemi covid-19 saat ini bisa dengan mudah dicari di media sosial Instagram, salah satu media online yang memberikan informasi terkait pandemi covid-19 ini adalah akun @kawalcovid19.id. Media sosial Instagram @kawalcovid19.id saat ini sudah memiliki jumlah followers sebanyak 195.000 yang telah ditetapkan pada tanggal 25 Agustus 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian berupa deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel pada populasi sampai mendapatkan jumlah yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus dari Taro Yamane yaitu sebanyak 400 sampel dari populasi followers Instagram @kawalcovid19.id. Penggunaan teori dalam penelitian ini adalah media sosial dan penyajian informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi media sosial mengenai context, communication, collaboration, dan connection dinyatakan baik, serta penyajian informasi terkait pandemi covid-19 mengenai struktur informasi, gaya pesan, dan daya tarik informasi dinyatakan baik. Hasil dari masing-masing variabel ini berdasarkan kriteria analisis deskriptif.

Kata Kunci: COVID-19, Media Sosial, Penyajian Informasi, Instagram.


Keywords


COVID-19, Media Sosial, Penyajian Informasi, Instagram

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. (1994). Sosiologi: Sistematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara

Atmoko, Bambang D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta. PT. Trans Media.

Putri, Dian M. (2020). Hubungan Karakteristik Konten Instagram @netflixid dengan Minat Berlangganan. Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Effendy, Onong. U. (2006). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fuady, Muhammad E. (2002). Surat Kabar Digital sebagai Media Konvergensi di Era Digital. Mediator Jurnal Komunikasi, Volume.3, No.1.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasrullah. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Purnama, Hadi. (2011). Media Sosial Di Era 3.0. Corporate and Marketing Communication.

Rakhmat, Jalalludin. (2000). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sidauruk, Erick. (2010) Hubungan Eksekutif Desa Dengan Legislatif Desa Dalam Penetapan Peraturan Desa Tentang Pembangunan Fisik Desa Marga Kaya. Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Sobur, Alex. (2009). Analisis Teks Media Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Solis, Brian. (2010). Engange: The Complete Guide For Brands and Business to Build. And Measure Succes in the New Web. John Wiley & Sons Inc.

Tan, Alex S. (1981). Mass Communication Theories and Research. Ohio: Colombus: Grid Publishing.

Yulianti. (2017). Aktivitas Pemilik Akun Instagram di Kota Palu yang Mengunggah Foto dengan #ditunggudipalu. Jurnal Online Kinesik, Volume 4, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.24756

Flag Counter   Â