Product Placement Elzatta Di Sinetron

Fitri Rohimah, Endri Listiani

Abstract


Elzatta adalah salah satu brand pakaian muslim Indonesia yang menggunakan berbagai kegiatan promosi untuk menginformasikan produk kepada khalayak. Product placement di sinetron salah satu kegiatan promosi yang dilakukan Elzatta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana product placement Elzatta di sinetron. Dalam hal product placement sebagai media promosi, pertimbangan Elzatta dalam penerapan product placement di sinetron TBNH The Series, peran Elzatta dalam pengemasan isi pesan product placemnet di sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series (TBNH), manfaat product placement di sinetron TBNH The Series.Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu marketing mix, komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, product placement yang terdiri dari tiga dimensi yaitu; visual dimention, auditory dimention, dan plot connection dimention. Metode yang digunakan penulis yaitu metode studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Elzatta, yaitu perusahaan pakain muslim. Pihak yang menjadi sumber data yaitu bagian GM head of corporate communication & brand strategy Bezaya group, stylish Elzatta, stylish Sinemart, penonton dan konsumen. Hasil penelitian diketahui bahwa hal-hal yang menjadi pertimbangan Elzatta dalam melakukan kegiatan product placement di sinetron TBNH The Series adalah product placement sebagai promosi yang terintegrasi, product placement sinetron berbeda dengan product placement acara TV lain, menjalin kerjasama dengan relationship, product placement sinetron media yang potensial, Elzatta tidak berperan dalam pengemasan isi pesan, penempatan produk di credit title, semua pemain menggunakan produk Elzatta, dalam penempatan produk di sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series Elzatta terlihat menggunakan dimensi visul (screen placement) dengan tipe implicit product palcement dan plot conection dimention (PCD) dengan tipe non integrated explicit product placement, manfaat cepat dikenal, eksis terus di TV, brand image naik, meningkatkan pengetahuan akan merek (brand knowledge)


Keywords


Product Placement, Elzatta, dan Sinetron

References


Creswell, W. Jhon. 2010. Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Estaswara, Helpris B. 2008. Think IMC. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy.J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morrisan M.A. 2010. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Morianty, Sandra, dkk. 2014. Advertising edisi ke delapan, Bandung: Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosdakarya Ranguti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sarwono, Jonathan. 2010. Pintar Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Satori, Djam’an. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu jilid 1 edisi 5. Jakarta: Erlangga

Sugiono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Krishnasari, Nike dan Leonid Julivan Rumambi. 2012. “Analisis Efektivitas Product Placement Burger King Dalam Film Iron Man 1 Dan Iro Man 2.†Dalam Jurnal Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra. Volume 1, Nomor 1, 2012, (hal 1-10)

Panda, T. K. 2004. Consumer Response to brand Placement in Film Role of Brand Congruity & of Presentation in Bringing Atitudinal Change among Consumer with Special Reference to Brand Placement in Hindi Films. South Asian Journal of Management Vol 12 no 19

W, Jessica Kumalawati dan Leonid Julivan Rumambi. 2012. “Analisis Sikap Audiece Terhadap Product/Brand Placement Apple Pada Film “Mission Impossible 4 (Ghost Protocol).†dalam Jurnal Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra. Volume 1, Nomor 1, 2012 (hal 1-7)

https://www.facebook.com/RattingProgramTelevisiIndonesia diakses 12 April 2015 jam 23.12

http://www.muvila.com/movies/world-of-cinema/product-placement-paling-wajar-dalam-film-1302043-page7.html diakses 1 April 2015 jam 23.15

“Product Placement dan Iklanâ€, https://shelmi.wordpress.com/2009/07/18/ product-placement-dan-iklan/. Tangga akses 04 April 2014, pk 15.30 WIB

“Orang Indonesia 94 Persen Suka Nonton TV, 24 Persen Pilih Nonton Sinetronâ€, http://akarpadinews.com/read/hiburan/orang-indonesia-94-persen-sukanonton-tv-24-persen-pilih-nontonsinetron /09/04/2015/ 20.00

www.elzatta.com diakses 2 April 2015 jam 10.45

http://www.marketing.co.id/product-placement-apa-efektif-2/ 04/06/2015 14.22




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2379

Flag Counter   Â