Instagram sebagai Media Promosi Makanan Khas Tasikmalaya

Ilma Amalia, Mochamad Rochim

Abstract


Abstract. Instagram is associal media that is widely used as a place to do business and is used as a marketing communication media. Instagram has also become one of the social media used to promote products. One of them is the @kulinertasik account that utilizes Instagram to provide reviews about the culinary city of Tasikmalaya and promote it. This study aims to determine the Branda Advocate, Community Management, Conversions, and First Responsein popularizing the typical food of Tasikmalaya. The research methodology used in this research is quantitative descriptive. The population is 365 people. The sample used 78 random sampling. Data collection techniques were carried out through questionnaires and literature study. The results of the research conducted by @kulinertasik promotion in popularizing the typical food of Tasikmalaya was very good in the eyes of the respondents.

Keywords: Media Promotion, Social TerminologyyMedia Strategist, Social Media Strategist.


Abstrak. Instagram adalah media sosial yang banyak dijadikan tempat untuk berbisnis dan dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran. Instagram juga menjadi salah satumedia sosial yang digunakan untuk mempromosikan produk. Salah satunya adalah akun @kulinertasik yang memanfaatkan Instagram untuk memberikan ulasan mengenai kuliner Kota Tasikmalaya dan mempromosikannya. Penelitian inibbertujuan untuk mengetahui Brand Advocate, Community Management, Conversions, dan First Response dalam mempopulerkan makanan khas Tasikmalaya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Populasi berjumlah 365 orang. Sampel menggunakan random sampling sebanyak 78 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan studi pustaka. Hasil penelitian dari promosi yang dilakukan @kulinertasik dalam mempopulerkan makana khas Tasikmalaya sudah sangat baik dimata responden.

Kata Kunci: Media Promosi, Terminologi Sosial Strategist, Media Sosial Strategis.


Keywords


Media Promosi, Terminologi Sosial Strategist, Media Sosial Strategis.

Full Text:

PDF

References


Salmiah, Fajriah, & Dkk. (2020). Onnline Marketing. Yayasan Kita Menulis.

"Mengenal Konsep 5 Terminologi dalam Social Media Marketingâ€, http://dailysocial.id/post/mengal-konsep-5-terminologi-dalam- social media-marketing. Tanggal akses 18 Maret 2020

Curtis, D. B., Floyd, J. J., & Winsor, J. L. (2004). Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daft, R and R.Lengel, “Organizational Informations Requirements, Media Richness and Structura Designâ€, Management Science, vol 32 N.5 55-571, 1986.

Rulli, N. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan

Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22847

Flag Counter   Â