Strategi Konvergensi Media sebagai Sarana Promosi, Perluasan Pendengar dan Pembangan Konten
Abstract
Abstract. As the number one youth radio in Bandung. Ardan Radio keeps abreast of the technology available today. This is done to fulfill the objectives that are owned. The various programs available on Ardan Radio are involved in the development of this technology. So that the focus in this research is on how the goals achieved by Ardan Radio Bandung in the application of Media Convergence. The research method used is qualitative with a case study approach. The subjects of this study used purposive sampling technique, therefore the appropriate informants were Producer Ardan Guntur, Broadcast Dimasta and PR (public relations) Diki. Based on the results of the study, it was found that (1) The application of media convergence was carried out as a means of program promotion (2) Ardan Radio could also achieve listener expansion with social media (3) Media convergence also demanded more innovative content.
Keywords:Application of Media Convergence, Purpose of Media Convergence and Ardan Radi
Â
Abstrak.sebagai radio anak muda nomor satu di Bandung. Ardan Radio terus mengikuti perkembangan teknologi yang tersedia saat ini. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tujuan yang dimiliki. Berbagai program yang tersedia di Ardan Radio diikut sertakan dalam perkembangan teknologi ini. Sehingga fokus dalam peneilitan ini adalah megenai penerapan konvergensi media dalam mencapai tujuan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, maka dari itu informan yang tepat yaitu Produser Ardan Guntur, Penyiar Dimasta dan PR (public relation) Diki. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Penerapan konvergensi media dilakukan sebagai sarana promosi program (2) Perluasan pendengar juga dapat diraih Ardan Radio dengan adanya media sosial (3) Konvergensi media juga menuntut konten yang diberikan lebih berinovasi.
Kata Kunci:Penerapan Konvergensi Media, Tujuan Konvergensi Media dan Ardan Radio.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita Trinoviana. 2017. “Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audiens Dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama FM (101.7 FM), Geronimo FM (106.1 FM) Dan Prambors Radio (102.2 FM/95.8 FM).†Jurnal Komunikasi P-ISSN: 1907-898X, E-ISSN: 2548-7647 Vo.12 No.1.
AR., M. Fikri. 2018. SEJARAH MEDIA: Transfromasi, Pemanfaatan Dan Tantangan. Malang: UB Press.
Cangara, H. Hafied. 2013. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy, Onong Uchjana. 1991. Radio Siaran Teori Dan Praktek. Bandung: CV. Mandar Maju.
Fred, Wibowo. 2012. Teknik Produksi Program Radio Siaran. Yogyakarta: Grasia Book Publisher.
Iskandar, Dudi. 2018. Konvergensi Media – Perbauran Ideologi, Politik, Dan Etika Jurnalisme. Yogyakarta: Andi.
Khadziq. 2016. “Konvergensi Media Surat Kabar Lokal (Studi Deskriptif Pemanfaatan Internet Pada Koran Tribun Jogja Dalam Membangun Industri Media Cetak Lokal)†10 No.01: 8–9.
Ks, Usman. 2009. Ekonomi Media : Pengantar Konsep Dan Aplikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Masduki. 2001. Jurnalistik Radio: Menata Profesionalisme Reporter & Penyiar Radio. Jakarta: Penebar Swadaya.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.
Ningrum, Fatmasari. 2007. Sukses Menjadi Penyiar, Scriptwriter &reporter Radio. Depok: Penebar Swadaya Cimanggis.
Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.
Setiyaji, Achmad, Basith Patria, and Ganang Partho. 2015. Radio the Untold Stories. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sugihartati, Rahma. 2014. Perkembangan Masyarakat Informasi & Teori Sosial Kontemporered I. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22795
  Â