Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Animasi Toy Story 4
Abstract
Abstract: Nine years ago, after the last Toy Story sequel worked on by Pixar all the viewers felt that this Toy Story 3 sequel was the last film in the series, because Toy Story 3 was indeed one of the successful films worked out by Pixar, and in the end Josh Cooley's film directed with a charming animation and studded with many jokes that make it the best Pixar film. With the latest sequel from Toy Sory, this research wants to examine the moral messages contained in the animated film Toy Story 4.This research aims to be able to add film media studies, and contribute to the understanding of film semiotics, and it is hoped that the public can provide an understanding that film can be used as a means of conveying certain values behind existing thinking, and the public can see and filter messages that are delivered through the media, especially the Toy Story 4 film.The research methodology used in this study is qualitative research with Roland Barthes's semiotic analysis research method, with data sources namely primary data (Toy Story 4 films) and secondary data (reference books). Data collection through observation or overall observation on the object of research, as well as reading some literature (books, articles, journals, internet, thesis, and so on). And using tringulation techniques as the validity of the data from this study.The results of this study were carried out by the analysis of moral messages using the semiotic analysis of Roland Barthes. The moral messages contained in the Toy Story 4 animated film are some of the scenes that have been selected previously by researchers, which reflect moral messages namely Mutual Cooperation To Achieve goals, loyalty And Loyalty Is Not Able To Be Purchased With Money, The Importance Of Appreciating Yourself, The Importance Of Life Purpose And Listening To Your Conscience, Don't Give Up To Try, Don't Be Afraid Of Trying A New Thing, Your Own Happiness Is Important.
Keywords: Semiotic, Moral Message, Animation Film
Abstrak: Sembilan tahun yang lalu, setelah terakhir sekuel Toy Story digarap oleh Pixar semua penontonnya merasa bahwa sekuel Toy Story 3 ini adalah film terakhir dari seri ini, Karena memang film Toy Story 3 menjadi salah satu film yang sukses di garap oleh Pixar, dan pada akhirnya film arahan Josh Cooley ini digarap dengan animasi yang memesona dan bertabur banyak lelucon yang membuatnya menjadi film terbaik Pixar. Dengan adanya sequel terbaru dari Toy Sory penelitian ini ingin meneiti pesan – pesan moral yang terdapat dalam film animasi Toy Story 4. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menambah kajian media film, dan memberikan kontribusi pada pemahaman semiotika film, serta diharapkan bagi masyarakat dapat memberikan pemahaman bahwa film dapat dijadikan sebagai sarana penyampaian nilai-nilai tertentu dibalik pemikiran pemikiran yang ada, dan masyarakat bisa melihat dan menyaring pesan yang disampaikan melalui media khususnya film Toy Story 4.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode penelitian analisis semiotika Roland Barthes, dengan sumber data yaitu data primer (film Toy Story 4) dan data sekunder (buku referensi). Pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan secara menyeluruh pada objek penelitian, serta membaca beberapa literatur (buku, artikel, jurnal, internet, skripsi, dan sebagainya). Dan menggunakan teknik tringulasi sebagai keabsahan data dari penelitian ini.Hasil penelitian dari penelitian ini yang dilakukan dengan analisis pesan moral dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes Pesan moral yang terdapat dalam film animasi Toy Story 4 dari beberapa scene yang telah dipilih sebelumnya oleh peneliti, yang mencerminkan pesan moral yakni Saling Bekerja Sama Untuk Mencapai tujuan, loyalitas Dan Kesetiaan Tidak Mampu Dibeli Dengan Uang, pentingnya Menghargai Diri Sendiri, pentingnya Tujuan Hidup Dan Dengarkan Hati Nurani, Jangan Menyerah Untuk Mencoba, Jangan Takut Mencoba Suatu Hal Yang Baru, kebahagiaan Diri Sendiri Itu Penting.
 Kata Kunci: Semiotika, Pesan Moral, Film Animasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakary
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakrya
Salam, Burhanuddin. 2000. Erika Individu Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta : Rineka Cipta
Sobur, Alex. 2003. Semiorika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sumarno, Marselli. 1996. Dasar – Dasar Apresiasi Film. Jakarta : PT. Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22621
  Â