Gaya Manajemen Kompromi Dalam Menekan Konflik Antar Kelompok

Alvino Kusdiharja Utama Putra, Rini Rinawati

Abstract


Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana manajemen konflik yang dibentuk dalam manajemen kompromi sebagai sarana pengunaan dalam pemecahan masalah. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana manajemen kompromi ini digunakan dalam kelompok SMA Terpadu Krida Nusantara yang melibatkan angkatan 18 dan 19. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara sistematis mengenai manajemen konflik, sehingga dapat mengambil kesimpulan yang relevan dengan permasalahan dalam bentuk manajemen kompromi  sebagai cara pendekatan penyelesaian konflik dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada pihak pihak yang ada kaitanya dengan angkatan 18 dan 19 di SMA Terpadu Krida Nusantara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil dalam manajemen konflik yang terbagi menjadi 5 tipe salah satunya manajemen kompromi yang dipilih oleh peneliti bahwa penerapan manajemen kompromi dalam menyelesaikan suatu konflik antara angkatan 18 dan 19 di SMA Terpadu Krida Nusantara bisa digunakan oleh angkatan 19, tapi dengan gaya manajemen konflik yang ada di angkatan 18 yang cenderung mengarah ke jenis kompetensi menjadi penghalang karena adanya solidaritas yang cukup kuat dari angkatan 18 sehingga sangat sulit untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan angkatan 18 dan 19 di SMA Terpadu Krida Nusantara.


Keywords


Manajemen konflik, Manajemen kompromi, Kelompok

References


Aldag, R.J. & Stearns, T.M. 1987.Management. Cincinnati: South-Western Pub lishing Co.

Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, cetakan ke 1. Bandung: Simbiosa.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta, 1997.

Handoko.T.H. 1992.Manajemen. Yogyakarta: badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Edisi ke 2.

Hasibuan, Malayu, S.P. 2003. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial.Yogyakarta : Erlangga.

Kriyantono, R. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Manulang, M. 2004. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2236

Flag Counter   Â