komunikasi pemasaran kartu jaminan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan
Abstract
Komunikasi pemasaran merupakan aspek yang penting dalam usaha menarik pembeli atau konsumen. Komunikasi pemasaran harus dilakukan secara terus menerus dan berkembang untuk proses kelangsungan suatu usaha, produk maupun jasa. Begitupun dengan komunikasi pemasaran yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Bandung dalam memasarkan atau mempromosikan Kartu kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Keseimpulan Berdasarkan hasil penelitian, BPJS Kesehatan Cabang Kota Bandung kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan BPJS cabang kota bandung meliputi periklanan, penjualan, Dan pemasaran langsung. Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari pemerintah kota bandung yaitu dalam bentuk keikutsertaan dalam mempromosikkan BPJS Kesehatan, sedangkan dukungan dari masyarakat antusias masyarakat dalam menghadiri sosialisasi yang di adakan BPJS Kesehatan sangat di respon baik oleh masyarakat. Faktor penghambat yaitu kurangnnya sosialisasi dalam memasarkan kartu kepada masyarakat trutama di daerah terpencil atau pelosok, dan kurangnnya partisipasi masyarakat dalam mengiuti sosialisasi yang diadakan BPJS Kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kotler, Philip & Gary Armstrong, 1997. Manajemen Pemasaran. Analisis dan Perencanaan. Analisis dan Kontrol Jilid 2 . Jakarta : PT. Indeks.
Nasution, 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.
Prisgunanto, Ilham.2006. Komunikasi Pemasaran: strategi dan taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.kmk
Sudjarwo, 2001. Teknik Wawancara dan Proses Data untuk Tujuan Penelitian. Jakarta : Gramedia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta.
Sutisna, 2002. Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2153
  Â