HUBUNGAN ANTARA PROGRAM ACARA PERSIB ON BANDUNG TV DENGAN LOYALITAS PEMIRSA KEPADA BANDUNG TV SEBAGAI STASIUN TV LOKAL

Wisnu Nugraha

Abstract


Di dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa melepaskan diri dari keterlibatan dan pengaruh informasi. Hal ini terbukti dari meningkatnya suatu kebutuhan masyarakat mengenai informasi apa saja yang terjadi di sekelilingnya, terutama yang berhubungan dengan kepentingannya. Sehingga membuat masyarakat senantiasa mencari berbagai macam suatu informasi degan berbgai cara dalam kesempatan yang dimilikinya.

Dengan munculnya berbagai macam televisi swasta, secara tidak langsung menimbulkan persaingan dalam hal menarik perhatian pemirsa, ditambah lagi fakta bahwa suatu stasiun televisi pada dasarnya tidak saja harus bersaing dengan seluruh stasiun televisi lainnya yang berada dalam suatu wilayah siaran yang sama, namun juga dengan televisi berlangganan, dan VCD/ DVD, juga internet dengan teknologi konvergensi yang semakin berkembang menjadi media penyiaran streaming, yang semuanya berupaya untuk merebut perhatian dan waktu audien, sehingga hal itu merupakan tuntutan bagi perusahaan televisi untuk dapat memberikan sajian tayangan yang menarik perhatian pemirsa.

. Dari banyaknya stasiun televisi nasional maupun lokal yang ada di Indonesia peneliti lebih berfokus pada stasiun televisi Bandung TV, sebuah stasiun televisi lokal yang berdomisili di kota Bandung, khusunya pada program acara Persib On Bandung TV. Sebuah stasiun televisi lokal komersial di kota Bandung yang memilih diferensiasi sebagai televisi upaya pencerahan masyarakat dalam segala aspek kehidupan dengan fondasi seni budaya, yang notabennya masih berkembang persepsi di masyarakat bahwa program seni budaya daerah masih kurang menarik perhatian dan sering di bilang kampungan oleh orang atau kelompok tertentu.

Dengan berbagai latar belakang diatas menjadi menarik untuk meneliti bagaimana eksistensi, atau kondisi kualitas industri televisi lokal, di tengah perkembangan kuantitasnya yang cukup besar.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Hasan. 2008. Riset Perilaku Konsumen Jasa. Bogor : Ghalia Indonesia.

Effendy, Onong Uchjana. 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Prakte,. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Televisi Siaran, Teori dan Praktek, Bandung : CV. Mandan Maju

Khotler, Philip dan Armstrong. 2004. Principles of Marketing, New Jersey : Preason Prectice Hall

Kriyanto, Rachman. 2006. Suatu Pengantar Teknik Praktis Riset Komunikasi. Sidoarjo: Kencana Pranada Media.

Moeljono, Djoko Santoso dan Steve Sudjatmiko. 2007. Coporate Culter Challens to Excelence. Jakarta : Elex Media Computindo.

Griffin, Jill. 2006. “Customer Loyality : How to Earn It, How tp Keep It, New York : Simon and Chuster, Inc.â€.

M.O Palapah dan Atang. 1983. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo

Mcquall, dan Denis 1987. Teori-Teori Komunikasi Massa,

Siegel, Sidney. 1997. Statistik non Parametris untuk Ilmu Sosial. Jakarta : PT. Gramedia

Yamane. T. 1967. Elemtary Sampling Theory. Prentical-Hall, Inc. Englewwod Cliffs.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.156

Flag Counter   Â