Komunikasi Pemasaran iNews Tv Bandung dalam Membantu Memasarkan Program Acara Televisi

Muhammad Rizki Fauzi, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. iNews TV is one of the private television station owned by the MNC group is the group owner of the largest private television station in Indonesia. The products are owned by television namely television programs, which will be broadcast by the television station. In covering the cost of production needs and earn income from it all, a private television station obtained the advertising revenue that goes to the television company, to broadcast to a wider audience or community. In selling television programs to advertisers, the company requires a marketing communications. This research uses qualitative studies with descriptive approach. The purpose of this research is to find out how marketing communications conducted through the Bandung TV iNews Division marketing in helping to market the television program produced by iNews TV. With keynote speaker Mr. Mantoyo as the head of the Division of marketing and Mr. Redityo as staff Division marketing. The results of this research i.e. iNews TV Bandung doing marketing communications with the promotion. As for the promotional activities conducted iNews TV Bandung more emphasis on using personal selling, supported also by direct marketing, and advertising in helping market their television programs.

Keywords: Marketing Communication, iNews TV Bandung, Television Programs

 

Abstrak. iNews TV merupakan salah satu stasiun televisi swasta yang dimiliki oleh MNC Grup yang merupakan grup pemilik stasiun televisi swasta terbesar di Indonesia. Produk yang dimiliki oleh televisi yaitu program acara televisi, yang akan ditayangkan di stasiun televisi tersebut. Dalam menutupi biaya kebutuhan produksi dan mendapatkan pendapatan dari itu semua, stasiun televisi swasta memperoleh pendapatan dari iklan yang masuk kepada perusahaan televisi tersebut, untuk disiarkan kepada khalayak atau masyarakat. Dalam menjual program acara televisi kepada pengiklan, perusahaan memerlukan sebuah komunikasi pemasaran.

Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan iNews TV Bandung melalui divisi marketing dalam membantu memasarkan program acara televisi yang diproduksi oleh iNews TV Bandung. Dengan narasumber yaitu Bapak Mantoyo selaku kepala divisi marketing dan bapak Redityo selaku staf divisi marketing.

Hasil dari penelitian ini yaitu iNews TV Bandung melakukan komunikasi pemasaran dengan promosi. Adapun kegiatan promosi yang dilakukan iNews TV Bandung lebih mengedepankan menggunakan personal selling, didukung juga oleh direct marketing, dan advertising dalam membantu memasarkan program acara televisi.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, iNews TV Bandung, Program Acara Televisi


Keywords


Komunikasi Pemasaran, iNews TV Bandung, Program Acara Televisi

Full Text:

PDF

References


Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana (Prenada Media Group)

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Rahman, Nur Cholis. 2010. Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Produk Tianshi Group. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Rakhmat, Jalaludin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat. Bandung: Linda Karya

Sumber lain:

Barton A Weitz; Kevin D Bradford. 1999. “Personal selling and sales management: A relationship marketing perspective.†Academy of Marketing Science Journal. Spring 1999; 27, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12828

Flag Counter   Â