Kegiatan Kampanye Imunisasi oleh PT. Bio Farma (Persero)

Rossi Agung Putra, Anne Maryani

Abstract


Abstract. Bio Farma as vasksin producer in indonesia participate actively in campaigning immunization program either through internal activity and external activity. In the implementation Bio Farma in cooperation with other agencies both from government and other organizations so that activities conducted Bio Farma can give the best results. The purpose of this campaign activity is to provide insight and knowledge to the wider community for immunization for a better future.This research analysis the Immunization Campaign Activities conducted by PT. Bio Farma (Persero). This research is a qualitative research using case study approach with data collection technique through interview, literature study and observation. The sampling technique of this research using purposive sampling technique. Key Informant in this research is Head of Corporate Communication Division of PT. BIo Farma (Persero).The results of this study found that PT. Bio Farma (Persero) is active in immunization campaign activities through the stages of planning, implementation and evaluation. The process of planning campaign activities conducted by PT. Bio Farma (Persero) includes Research, Specifying Target Target, Determining Message, Determining Media, Time Allocation to Evaluation. In its implementation, immunization campaign activities conducted by PT. Bio Farma (Persero) is quite religious, ranging from Seminar, Advocacy, Road Show, Workshop, Coverage, Advetorial, And other campaigns through online media, mass media and print media. Immunization campaign activities conducted by PT. Bio Farma (Persero) can not be separated from the support of government and other organizations, because in the implementation of PT. Bio Farma (Persero) synergize with the government, especially the Ministry of Health in campaigning immunization. Therefore, the government and other organizations have an important role in the immunization activities undertaken by PT. Bio Farma (Persero).

Keywords: Campaigns, Bio Farma, Immunization, Vaccine

 

Abstrak. Bio Farma selaku produsen vasksin di Indonesia turut aktif dalam mengkampanyekan program imunisasi baik melalui kegiatan internal maupun kegiatan eksternal. Dalam pelaksanaannya Bio Farma bekerja sama dengan instansi lain baik dari pemerintahan maupun organisasi lainnya agar kegiatan kampanye yang dilakukan Bio Farma dapat memberikan hasil yang terbaik. Tujuan dari kegiatan kampanye ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat secara luas pentingnya imunisasi untuk masa depan yang lebih baik. Penelitian ini meneliti mengenai Kegiatan Kampanye Imunisasi yang dilakukan oleh PT. Bio Farma (Persero). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi kepustakaan dan observasi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Key Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Divisi Corporate Communication PT. BIo Farma (Persero). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa PT. Bio Farma (Persero) aktif dalam kegiatan kampanye imunisasi dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses perencanan kegiatan kampanye yang dilakukan PT. Bio Farma (Persero) meliputi Riset, Menentukan Target Sasaran, Menentukan Pesan, Menentukan Media, Alokasi Waktu hingga Evaluasi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan kampanye imunisasi yang dilakukan PT. Bio Farma (Persero) cukup beragama, mulai dari Seminar, Advokasi, Road Show, Workshop, Liputan, Advetorial, Dan kampanye lainnya melalui media online, media massa dan media cetak. Kegiatan kampanye imunisasi yang dilakukan PT. Bio Farma (Persero) pun tidak terlepas dari dukungan pemerintah maupun organisasi lain, karena dalam pelaksanaannya PT. Bio Farma (Persero) bersinergi dengan pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan dalam mengkampanyekan imunisasi. Oleh karena itu, pemerintah maupun organisasi lainnya memiliki peran yang penting dalam kegiatan imunisasi yang dilakukan oleh PT. Bio Farma (Persero).

Kata kunci: Kampanye, Bio Farma, Imunisasi, Vaksin


Keywords


Kampanye, Bio Farma, Imunisasi, Vaksin

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Peneltian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Devito, J. A. (2010). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Effendy, Onong Uchjana, 1986. Dimensi Dimensi Komunikasi. Bandung : Alumni.

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Fikom Unisba. 2016. Buku Panduan Penulisan Usulan Penelitian dan Skripsi. Bandung : Fikom Unisba

Gregory, Anne. 2004. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Glora Aksara Pratama.

Hidayat, Aziz Alimul, 2008. Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Tekhnik Praktis Riset Komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta : Kencana

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Rakhmat, Jalaludin, 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ryadi, Alexander Lucas Slamet. 2016. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Susanto, Astrid, S. 1988. Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Bandung: Bina Cipta.

Venus, Antar. 2004. Manajamen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widjaja, H.A.W., 1997. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara.

Yin, R.K. 2009. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Annual Report 2016 PT. Bio Farma (Persero)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10366

Flag Counter   Â