Aktivitas PRFM dalam Kegiatan Promosi Tabungan BTPN Wow

Leni Adelina, O Hasbiansyah

Abstract


Abstrack. This study contain research that aims to know what activities are done by PRFM in promotion activities of BTPN Wow, how the coordination is built between PRFM with BTPN and between PRFM’s event crew and how efforts made by PRFM in maintaining the trust of clients who use their service. This research is a qualitative analysis with case study technique. The subject of this research is division of Marcomm PRFM, and the object of this research is an event held by PRFM in promotional activities of BTPN Wow. The results show that the activities has done by PRFM in promotional activities of BTPN Wow are special events. There is the coordination by PRFM with BTPN in this special event. Furthermore, there is coordination between the project director and project manager, project manager with event crew below her and between PRFM’s event crew such as the design crew, backstage, registration & acquisition, runner and documentation. Then PRFM also built a coordinations with the community that involved in promotional activities of BTPN Wow. The effort that PRFM do to maintain client’s trust who use their service is kepping good communication after event, provide better service to the client and ensure the implementation of the event in accordance with the proposal.

Keywords: Activities, Event Organizer, Management Event, PRFM

 

Abstrak. Skripsi ini berisi penelitian yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan PRFM dalam kegiatan promosi tabungan BTPN Wow, bagaimana koordinasi yang dibangun antara PRFM dengan BTPN dan antar kru event PRFM serta bagaimana upaya yang dilakukan PRFM dalam mempertahankan kepercayaan klien yang menggunakan jasa event organizer dari PRFM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah divisi Marcomm PRFM, sedangkan objek penelitiannya adalah event yang diselenggarakan PRFM dalam kegiatan promosi Tabungan BTPN Wow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh PRFM dalam kegiatan promosi tabungan BTPN Wow adalah special event. Dalam special event ini, terdapat koordinasi yang dilakukan oleh PRFM dengan BTPN. Selanjutnya, koordinasi juga dilakukan antara project director dengan project manager, project manager dengan kru event dibawahnya dan antar kru event PRFM seperti kru desain, backstage, registrasi dan akuisisi, runner serta dokumentasi. Selain itu, PRFM juga melakukan koordinasi dengan komunitas yang ikut terlibat dalam kegiatan promosi tabungan BTPN Wow. Upaya yang dilakukan PRFM dalam mempertahankan kepercayaan klien yang menggunakan jasa event organizer dari PRFM adalah menjalin komunikasi yang baik setelah event, memberikan pelayanan yang lebih baik kepada klien dan memastikan pelaksanaan event sesuai dengan proposal.

Kata Kunci : Aktivitas, Event Organizer, Manajemen Event, PRFM


Keywords


Aktivitas, Event Organizer, Manajemen Event, PRFM

Full Text:

PDF

References


Ismanthono, Henricus W. 2010. Kamus Istilah Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara

Kennedy, John E. 2009. Manajemen Event. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Sembilan. Dialihbahasakan oleh Hendra Teguh. Jakarta: Penerbit PT. Prenhallindo

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Natoradjo, Sulyus. 2011. Event Organizer: Dasar-dasar Event Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pudjiastuti, Wahyuni. 2010. Special Event: Alternatif Jitu Membidik Pasar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rofiq, Ainur. 2007. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan e-commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Tesis (dipublikasikan).Malang:Universitas Brawijaya.

Syafiie, Inu Kencana. 2011. Manajemen Pemerintahan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Yuliana. 2016. “Hubungan Antara Event Night at The Museum dengan Sikap Pengunjung Museum Geologi Bandungâ€, dalam Jurnal SPeSIA Prosiding Manajemen Komunikasi Volume 2, No.2, Tahun 2016 (hal. 256).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10353

Flag Counter   Â