Manajemen Komunikasi Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan di Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Muhamad Irfan Soelaeman

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen komunikasi Kelurahan di KecamatanCibiru Bandung mengenai program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan atau yangdisingkat PIPPK yang bertujuan untuk meningkatkan indeks pembangunan di wilayah Kota Bandung yang berbasis kewilayahan dalam  tingkatan Kelurahan yang dilakukan dengan cara melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam proses pembangunannya.Penulis menggunakan  5 (lima) sumber informasi yang terdiri camat dari Kecamatan Cibiru dan dari lurah dari masing – masing kelurahan sebagai sumber informan yang berperan penting dalam manajemen komunikasi Kelurahan. Sumber penelitian didapat dari dokumentasi,  wawancara, danobservasi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif dengan data kualitatif yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan kewajaran atau sebagaimana adanya (natural setting ) dengan tidak dirubah dalam bentuk symbol atau bilangan. Pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam sebuah proses manajemen memerlukan 4 (empat) tahap proses manajemen yaitu proses perencanaan dengan tahapannya seperti penemuan ide, konsep program, dan persiapan, lalu proses pengorganisasian melakukan bagan organisasi peransertafungsi, proses menggerakkan yaitu melakukan proses pelaksanaan di lapangandan proses evaluasi atau pengawasan dari proses pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan guna melihat kekurangan dari program agar selanjutnya bisa menjadi lebih baik.

Kata kunci : Manajemen komunikasi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi.


Keywords


Manajemen komunikasi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Cutlip, Center and Broom. 2009. Effective Public Relations, Jakarta: Prenada Media

Effendy,Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilanbelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

George. R Terry. 2006. Prinsip-Prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara

Kaye, Michael. 1994. Communication Management. Sydney: Prentice Hall.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Petunjuk Teknis program Pemberdayaan Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan tahun 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10191

Flag Counter   Â