Strategi Promosi Penjualan Tiket Kereta Api
Abstract
Key Word : PT.Kereta Api Indonesia (Persero), Strategy, Sales Promotion.
Abstrak. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yaitu perusahaan jasa transportasi yang mengelola jasa perkeretaapian yang dianggap dapat menghindarkan masyarakat dari kemacetan transportasi darat. Divisi Marcomm adalah divisi yang menjalankan sebuah strategi promosi penjualan tiket kereta api. Dimana kegiatan promosi ini diantaranya adanya diskon tiket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi penjualan tiket kereta api oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), perencanaan promosi, pengorganisasian promosi, pelaksanaan promosi, pengawasan promosi oleh Divisi Marcomm PT.KAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan Bu Grandis Ayu Octiana selaku Junior Manager Divisi Marcomm bagian promosi online PT.KAI dan Pa Alfian selaku Junior Manager Divisi Marcomm bagian promosi offline PT.KAI. Selain itu data diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh divisi marcomm sangat matang. Setelah melakukan perencanaan, pengorganisasian mengembangkan sumber daya manusia yang akan melaksanakan program kegiatan promosi, ketika semua persiapan sudah matang dilakukan pelaksanaan promosi sesuai yang sudah direncanakan sesuai persiapan, kegiatan akhir adalah pengawasan yang langsung di pimpin oleh pimpinan yaitu general manager untuk mengawasi program kegiatan promosi.Â
Kata Kunci: PT.Kereta Api Indonesia (Persero), Strategi, Promosi Penjualan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Hasibuan, Malayu S. P. 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, Malayu S.P, 2006, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara
Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat
Suandy, Erly. 2001. Perencanaan Pajak, Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat
Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. CV. Bandung: Mandar Maju.
Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Jurnal
Rosyad, Udung Noor. 2011. Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar.
MIMBAR, Vol. XXVII, No. 2 (Desember 2011): 213-224. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung.
Internet
http://kip.kereta-api.co.id/ (diakses pada tanggal 19 Oktober 2017 pada pukul 19.00).
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10127
  Â