Hubungan Daya Tarik Pesan Iklan Go-Jek Versi Essien dengan Minat Bobotoh dalam Menggunakan Go-Jek

Syachrizal Wardoyo

Abstract


Abstract. The development of information technology and telecommunication in Indonesia has now developed throughout the community. Transportation services are considered as a very important tool in people's lives. transportation is used by every element of society in supporting their daily activities. Currently the competition in the field of online transportation services increasingly tight. Given the existence of such a tight competition then the company is required to perform various strategies in the face of such competition. One of them with advertising, advertising will affect how consumer buying behavior that started from raises consumer buying interest. Through advertised ads, ads try to convey a message to market a variety of community needs products. One of the advertisements issued by Go-Jek is Essien version advertisement. The purpose of this research is to know the relation of attractiveness of Essien's Go-Jek message message to Bobotoh interest in using Go-Jek. The research method used is quantitative research method with correlational approach. Sampling technique used is probability sampling technique with random sampling (simple random sampling). Data collection technique is done by field research consisting of: observation and questionnaires and literature study. Based on the results of the study note that there is a relationship of attractiveness of advertising messages Go-Jek version of Essien to interest Bobotoh in using Go-Jek.

Keywords: Attractiveness Message, Interests, Go-Jek

Abstrak. Perkembangan teknologi informasi dan teleko­munikasi di Indonesia saat ini sudah berkembang keseluruh kalangan  masyarakat. Jasa transportasi dirasa sebagai sarana yang sangat penting di dalam kehidupan masyarakat. transportasi digunakan oleh setiap elemen masyarakat dalam menunjang kegiatan sehari-harinya. Saat ini persaingan dalam bidang jasa transportasi online semakin ketat. Mengingat adanya persaingan yang begitu ketat maka perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai strategi dalam menghadapi persaingan tersebut. Salah satunya dengan iklan, iklan akan mempengaruhi bagaimana perilaku pembelian konsumen yang dimulai dari menimbulkan minat beli konsumen. Melalui iklan yang ditayangkan, iklan berusaha menyampaikan pesan untuk memasarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat. Salah satu iklan yang dikeluarkan oleh Go-Jek adalah iklan versi Essien.. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan daya tarik pesan iklan Go-Jek versi Essien terhadap minat Bobotoh dalam menggunakan Go-Jek. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik probability sampling dengan pengambilan secara acak (simple random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan yang terdiri dari: observasi dan kuesioner serta studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan daya tarik pesan iklan Go-Jek versi Essien terhadap minat Bobotoh dalam menggunakan Go-Jek.

Kata Kunci: Daya Tarik Pesan, Minat, Go-Jek



Keywords


Daya Tarik Pesan, Minat, Go-Jek

Full Text:

PDF

References


Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Alo liliweri, 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Prenada Media Group, Jakarta.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala, 2007. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar), Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Grafiti.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid 1. Jakarta: Prebalindo

Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10045

Flag Counter   Â