Promosi Travel Agent dalam Menawarkan Tour Berbasis Edukasi

Muhammad Fajar Maulana, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. Eduvacation Tour & Travel Is one of the Travel Agent company located in Bandung. Travel Agent Eduvacation is engaged in the business of tourism services. The Eduv: Edits: the abbreviation of Education, Vacation: which means Holiday, the Travel Agent Eduvacation company has a unique mission of developing educational-based tour, the founder sees the tourism market in the education sector is very potential, the target market specifically targeted by the company Eduvacation is educational institutions, ranging from lower to upper levels, from kindergarten (kindergarten) to university. Educational tour-based activities offered by the first Eduvacation Tour and Travel are like City Tour visiting one of the cities, then going around studying the history of the city and the second visit to the factories or industries as requested by the consumers themselves (by request). Advertising on Eduvacation is non paid social media as their promotional media such as website, instagram and facebook, in the media they publish some promo tour package that they offer to consumers. They do Sales promotion and personal selling specifically to some schools that have become permanent consumers and who they think is potentially using eduvacation services, they also take advantage of the relationships they have to offer the tour package. Public relations & publicity activities conducted by Eduvacation is to hold a tour event event with Himpaudi (Himpunan paud Indonesia) kec.lembang and Margaasih kab.Bandung, which is where the tour is made to conduct an indirect tour promotion, because the participants from Himpaudi this is the teachers and principals who are in kec.lembang and Margaasih kab.Bandung.

Keywords: Travel agent, Promotion, Tour-based education


Abstract. Eduvacation Tour & Travel Merupakan salah satu perusahaan Travel Agent yang berada di Bandung. Travel Agent Eduvacation ini bergerak dalam bidang usaha jasa pariwisata. Sesuai dengan namanya Eduvacation yaitu Edu : singkatan dari Edukasi, Vacation : yang artinya Liburan, perusahaan Travel Agent Eduvacation ini mempunyai misi unik yaitu mengembangkan tour berbasis edukasi, sang founder melihat pasar wisata di bagian pendidikan sangat potensial, target pasar khusus yang di sasar oleh perusahaan Eduvacation adalah instansi-instansi pendidikan, mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas, baik dari TK (taman kanak-kanak) sampai Universitas. Kegiatan tour berbasis edukasi yang ditawarkan oleh Eduvacation Tour and Travel yang pertama adalah seperti City Tour berkunjung ke salah satu kota, kemudian berkeliling mempelajari sejarah kota tersebut dan yang kedua kunjungan ke pabrik-pabrik atau industri sesuai permintaan dari konsumen itu sendiri (by request). (Hubungan Massa), Personal selling (penjualan Perorangan), Direct Marketing (Pemasaran Langsung). Advertising pada Eduvacation adalah Media sosial non berbayar sebagai media promosi mereka seperti website, instagram dan facebook, dalam media tersebut mereka mempublis beberapa promo paket wisata yang mereka tawarkan kepada konsumen. Mereka melakukan Sales promotion serta personal selling khusus ke beberapa sekolah yang sudah menjadi konsumen tetap dan yang menurut mereka cukup berpotensi menggunakan jasa eduvacation, mereka juga memanfaatkan relasi yang dimiliki untuk menawarkan paket wisata tersebut. Kegiatan Public relations & Publisity (hubungan masa) yang dilakukan oleh Eduvacation adalah dengan mengadakan event kegiatan tour bersama Himpaudi (Himpunan paud Indonesia) kec.lembang dan Margaasih kab.Bandung, yang dimana tour ini dibuat untuk melakukan promosi wisata secara tidak langsung, karena peserta dari Himpaudi ini adalah guru-guru beserta kepala sekolah yang ada di kec.lembang dan Margaasih kab.Bandung.

Kata Kunci: Travel agent, Promosi, Tour berbasis edukasi



Keywords


Travel agent, Promosi, Tour berbasis edukasi

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Keenam. Alfabeta. Bandung.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobri Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta:PT. Index.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Saladin, Djaslim. 2011. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, cetakan keempat, Linda karya, Bandung

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit ANDI. Yogyakarta

Zarella, 2011. The Social Media Marketing Book. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9947

Flag Counter   Â