HUBUNGAN ANTARA TRAIT KEPRIBADIAN THE BIG FIVE PERSONALITY DENGAN SELF COMPASSION (STUDI KORELASI PADA RELAWAN PENDAMPING ODHA DI WPA KEBON PISANG BANDUNG)

VITA DEWAYANI, SUCI NUGRAHA

Abstract


Relawan ini berbeda dengan relawan di WPA lainnya, relawan ini bersedia menjadi relawan yang memberikan penyuluhan serta pendampingan bagi ODHA. Tugas menjadi relawan, bukanlah tugas yang mudah, mereka dituntut untuk memberikan perhatian serta pendampingan terhadap pengobatan dan kondisi psikis ODHA. Kesulitan yang dihadapi saat bekerja sebagai relawan merupakan suffering (penderitaan). Para relawan menunjukan bahwa mereka memiliki Self compassion (Neff); berbaik hati pada diri sendiri ketika melakukan kesalahan atau kegagalan. Dalam self compassion memiliki faktor internal yang dapat mendorong terbentuknya self compassion, yakni personality yang dilihat melalui trait kepribadian. Trait kepribadian pada penelitian ini, menggunakan pendekatan The Big Five (Mc.Crae dan Costa). Hasil temuan adalah 33,3% relawan memiliki kecendrungan trait extraversion dan agreeableness dengan memiliki self compassion yang tinggi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji korelasi rank spearman menunjukkan bahwa terdapat Hasil hubungan positif dan sangat kuat antara self compassion dengan trait kepribadian extraversion, pada trait kepribadian agreeableness dan conscientiousness memiliki hubungan yang kuat, dan pada trait kepribadian openness to experience memiliki hubungan yang sedang, sedangkan pada trait kepribadian neuroticsm tidak memiliki hubungan dengan self compassion.


Keywords


Trait, The Big Five, Self Compassion, Relawan

References


Alwisol. (2010). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT.Rineka Cipta

Ashila, Tari. (2013). Studi Deskriptif Self-Compassion pada Ibu yang memiliki Anak Cerebral Palsy di BCMC RS. Santo Borromeus Bandung. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung. Tidak diterbitkan.

AtContent. (2013). Big Five Personality. Diunduh pada tanggal 22 Februari 2015. Dari https://atcontent.com/Publication/869485818869999Y1.text/-/Big-Five-Personality

Fatimah, Nur Raden. (2014). Hubungan antara Trait kepribadian dengan Relasi Para Sosial pada Perempuan Dewasa Awal yang menjadi Komunitas Fans Super Junior Club ELF “Ever Lasting Friends†di Kota Bandung. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Bandung. Tidak diterbitkan

Feist, J. & Feist, G.J. (2008). Theories of personality, 7ed. New York: Mc Graw-Hill Inc.

Ikramina, Adinda Putri. (2012). Studi Deskriptif Character Strength Relawan di Sekolah Menengah Pertama Terbuka Firdaus Arcamanik Kota Bandung. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Tidak diterbitkan.

McCrae, R.R. Costa, P.T.Jr (May 1997). Personality Trait Structure as a Human Universal. American Psychologist. In the public domain. Vol 52, No.5.509-516

Noor, H. (2009). Psikometri: Aplikasi dalam Penyusunan Isntrumen PengukuranPerilaku. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Neff, K. D., Kirkpatrick, K. & Rude, S. S. (2007). Self-compassion and its link toadaptive psychological functioning.Journal of Research in Personality, 41,139-154.(https://webspace.utexas.edu/neffk/pubs/JRP.pdf) diunduh pada 26 September 2014.

Neff, Kristin. (2011) Self-compassion: Stop Beating Yourself Up and LeaveInsecurity behind 1st ed. United State of America. New York.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.998

Flag Counter    Â