Studi Komparasi Mengenai Religious Commitment Kelas 3 SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan religious commitment pada siswa santri dengan non santri, yang dimana pada siswa santri lebih banyak mendapatkan porsi untuk belajar mengenai agama yaitu di pesantren. Responden sebanyak 31 siswa santri dan 44 siswa non santri kelas 3 SMA Al-Ma’soem Sumedang. Metode yang diterapkan adalah metode komparasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Alat ukur religious commitment disusun berdasarkan teori Glock & Strak (1965) yang diadaptasi dengan teori Religious Commitment menurut Djamaluddin Ancok dan Fuad Nashori (1997), sehingga dilakukan pengukuran pada 3 dimensi yaitu dimensi belief (iman), practice (syariah) dan effect atau pengamalan (akhlak). Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan mengukur tinggi rendah menggunakan uji Boxplot. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan religious commitment antara siswa santri dengan non santri dengan signifikansi = 0.000 < α = 0.05, artinya terdapat perbedaan religious commitment santri dan non santri. Hasil menunjukkan bahwa religious commitment siswa non santri lebih tinggi dibandingkan dengan siswa santri dilihat dari nilai whiskers 251, 330.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ancok, Djamaluddin dan Fuat Nashori Suroso. 1997. “Psikologi Islamiâ€. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Andisti, Miftah Aulia dan Ritandiyono. 2008. “Religiusitas dan Perilaku Seks Bebas Pada Dewasa Awalâ€. Vol 1, No 2. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Di unduh pada tanggal 22 Februari 2014 dari http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/298/238
Anshari, Endang Saifuddin. 2004. “Wawasan Islamâ€. Jakarta : CV. Rajawali
Fadilullah. “Perkembangan Agama Pada Usia Remajaâ€. Diakses pada tanggal 12 Maret 2014 dari http://fadilullah.blogspot.com/2010/11/perkembangan-agama-pada-usia-remaja.html
Glock, Charles Y. and Rodney Stark. 1968. American Piety: The Nature of Religious Commitment. London: University of California Press, Ltd.
Haryanto. “Pengertian Pendidikan Menurut Ahliâ€. Diakses pada tanggal 12 Maret 2014 dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/
Kusdiyati, Sulisworo, dan Yuli Aslamawati. 2012. Hubungan “Religious Commitment dan Fondasi Moral pada Mahasiswa Universitas Islam Bandungâ€. Vol.3, No.1. Di unduh pada tanggal 25 Februari 2014 dari http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/397
Mujib, Abdul. 2007. “Kepribadian Dalam Psikologi Islamâ€. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Nasikhah, Durratun dan Dra. Prihastuti, SU. 2013. “Hubungan Antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja Pada Masa Remaja Awalâ€. Volume : 1 - No. 2. Universitas Airlangga. Diunduh pada tanggal 22 Febrruari 2014 dari
http://journal.unair.ac.id/filerPDF/abstrak_491753_tpjua.pdf
Noor, Hasanuddin. “PSIKOMETRI, Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku cetakan keduaâ€. Bandung: Jauhar Mandiri.
Purwadi, Siti Chatijah. 2007. “Hubungan Antara Religiusitas dengan Sikap Konsumtif Remajaâ€. Humanitas. Diunduh pada tanggal 22 Februari 2014 dari
http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/716
Rakhmat, Jalaluddin. 2003. “Psikologi Agama : Sebuah Pengantarâ€. Vol IX No. 1. Bandung : Mizan
Santrock, John W. 2002. “Life –Span Developmentâ€. Diterjemahkan dengan judul Perkembangan Masa Hidup jilid 2 edisi kelima. Jakarta : Erlangga.
Santrock, John W. 2003. “Adolesenceâ€. Diterjemahkan dengan judul Perkembangan Remaja edisi keenam. Jakarta : Erlangga.
Silalahi, Ulber. 2012. “Metode Penelitian Sosialâ€. Bandung :Refika Aditama.
Sugiyono. 2008. “Metode Penelitian Administrasiâ€. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung : Alfabeta
Yusuf, Syamsu. 2006. “ Psikologi pPerkembangan Anak & Remajaâ€. Bandung : Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.890
  Â