Studi Komparasi Mengenai Religious Commitment Kelas 3 SMA

Eka Prasetyawati, Agus Sofyandi Kahfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan religious commitment pada siswa santri dengan non santri, yang dimana pada siswa santri lebih banyak mendapatkan porsi untuk belajar mengenai agama yaitu di pesantren. Responden sebanyak 31 siswa santri dan 44 siswa non santri kelas 3 SMA Al-Ma’soem Sumedang. Metode yang diterapkan adalah metode komparasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Alat ukur religious commitment disusun berdasarkan teori Glock & Strak (1965) yang diadaptasi dengan teori Religious Commitment menurut Djamaluddin Ancok dan Fuad Nashori (1997), sehingga dilakukan pengukuran pada 3 dimensi yaitu dimensi  belief (iman), practice (syariah) dan effect atau pengamalan (akhlak). Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan mengukur tinggi rendah menggunakan uji Boxplot. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan religious commitment antara siswa santri dengan non santri dengan signifikansi = 0.000 < α = 0.05, artinya terdapat perbedaan religious commitment santri dan non santri. Hasil menunjukkan bahwa religious commitment siswa non santri lebih tinggi dibandingkan dengan siswa santri dilihat dari nilai whiskers 251, 330.


Keywords


Religious commitment, siswa santri, siswa non santri

References


Ancok, Djamaluddin dan Fuat Nashori Suroso. 1997. “Psikologi Islamiâ€. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Andisti, Miftah Aulia dan Ritandiyono. 2008. “Religiusitas dan Perilaku Seks Bebas Pada Dewasa Awalâ€. Vol 1, No 2. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Di unduh pada tanggal 22 Februari 2014 dari http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/298/238

Anshari, Endang Saifuddin. 2004. “Wawasan Islamâ€. Jakarta : CV. Rajawali

Fadilullah. “Perkembangan Agama Pada Usia Remajaâ€. Diakses pada tanggal 12 Maret 2014 dari http://fadilullah.blogspot.com/2010/11/perkembangan-agama-pada-usia-remaja.html

Glock, Charles Y. and Rodney Stark. 1968. American Piety: The Nature of Religious Commitment. London: University of California Press, Ltd.

Haryanto. “Pengertian Pendidikan Menurut Ahliâ€. Diakses pada tanggal 12 Maret 2014 dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/

Kusdiyati, Sulisworo, dan Yuli Aslamawati. 2012. Hubungan “Religious Commitment dan Fondasi Moral pada Mahasiswa Universitas Islam Bandungâ€. Vol.3, No.1. Di unduh pada tanggal 25 Februari 2014 dari http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/397

Mujib, Abdul. 2007. “Kepribadian Dalam Psikologi Islamâ€. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Nasikhah, Durratun dan Dra. Prihastuti, SU. 2013. “Hubungan Antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja Pada Masa Remaja Awalâ€. Volume : 1 - No. 2. Universitas Airlangga. Diunduh pada tanggal 22 Febrruari 2014 dari

http://journal.unair.ac.id/filerPDF/abstrak_491753_tpjua.pdf

Noor, Hasanuddin. “PSIKOMETRI, Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku cetakan keduaâ€. Bandung: Jauhar Mandiri.

Purwadi, Siti Chatijah. 2007. “Hubungan Antara Religiusitas dengan Sikap Konsumtif Remajaâ€. Humanitas. Diunduh pada tanggal 22 Februari 2014 dari

http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/716

Rakhmat, Jalaluddin. 2003. “Psikologi Agama : Sebuah Pengantarâ€. Vol IX No. 1. Bandung : Mizan

Santrock, John W. 2002. “Life –Span Developmentâ€. Diterjemahkan dengan judul Perkembangan Masa Hidup jilid 2 edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Santrock, John W. 2003. “Adolesenceâ€. Diterjemahkan dengan judul Perkembangan Remaja edisi keenam. Jakarta : Erlangga.

Silalahi, Ulber. 2012. “Metode Penelitian Sosialâ€. Bandung :Refika Aditama.

Sugiyono. 2008. “Metode Penelitian Administrasiâ€. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung : Alfabeta

Yusuf, Syamsu. 2006. “ Psikologi pPerkembangan Anak & Remajaâ€. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.890

Flag Counter    Â