Hubungan Antara Self Esteem dengan Impulse Buying pada Anggota Komunitas Mobil X Kota Bandung

Tessa Faradiba, Eni Nuraeni Nugrahawati

Abstract


Komunitas mobil X Kota Bandung merupakan wadah bagi yang memiliki kegemaran dalam bidang otomotif. Anggota Komunitas mobil X Kota Bandung memiliki keinginan untuk diperhatikan dan dihargai orang lain. Hal itu diperoleh apabila anggota tersebut populer di komunitasnya. Namun, tidak semua anggota bisa mendapatkannya. Mempertahankan dan meningkatkan penghargaan diri, serta menghilangkan perasaan negatif dalam diri, mereka melakukan defence dengan berbelanja secara impulsif, sehingga menunjang penampilan di lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan antara self esteem dengan impulse buying pada anggota komunitas mobil X Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan responden sebanyak 18 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Self Esteem Inventory Scale (CSEI) dari Coopersmith (1981) dan Impulse Buying Tendency (IBT) dari Verplanken & Herabadi (2001) yang dimodifikasi peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara self esteem dengan impulse buying pada anggota komunitas mobil X Kota Bandung, artinya semakin tinggi self esteem  maka  semakin  tinggi impulse buying (rs=0,758).


Keywords


Self Esteem, Impulse Buying, Komunitas

References


Coopersmith, S. (1967). The Antecedents Of Self Esteem. San Fransisco: W. H. Freeman.

Hausman, Angela. (2000). A Multi-Method Investigation of Consumer Mootivations In Impulse Buying Behavior. Journal of Consumer Marketing, 17 (5), pp. 403-419.

Schiffman, G.L. & Kanuk, L.L. (2004). Consumer Behaviour. Edisi ke 8. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Verplanken, B. & Herabadi, A. (2001). Individual Differences In Impulse Buying Tendency: Feeling And No Thinking. European Journal Of Personality, Vol. 15. November/December Supplement 1, hal. 71-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7387

Flag Counter    Â