Studi Deskriptif Mengenai Profil Motif Sosial (McClelland) pada Relawan Inti di Komunitas Creative Village Garut

Ninda Desiani Rahmawati, Sita Rositawati

Abstract


Abstract. Creative Village (Creavill) is one of non-profit community at Garut which formed in the middle 2014 by young scholars from Garut who want to develop villages in Indonesia especially in Garut become more advanced. Since the last two periods there was no change in the management of this community because the volunteers that should be a core committee decided not to be a caretaker. The low interest to become caretaker will hinder realization of the vision and mission of the community. In this period there are 10 core volunteers that are still active duty and follow each event held. There are a variety of reasons and the behavior displayed during the core volunteers carry out their duties. McClelland (1987) argued that every individual in interaction with its environment is often influenced by various motives. Likewise with the behavior that displayed by core volunteers in carrying out their duties, based on the specific motive. The purpose of this research to obtain empirical data on the profile of the social motives (McClelland) at the core volunteers of Creative Village Garut community. So that the description of the profile can be utilized to increase the interest of core volunteers to become a caretaker. This research uses descriptive method with the measuring instrument used is the Thematic Apperception Test (TAT). Based on the results of data processing shows that there are nine types of social motives profiles contained in the core volunteers of Creative Village Garut community.

 

Abstrak. Creative Village (Creavill) merupakan salah satu komunitas non-profit di Garut yang dibentuk pada pertengahan 2014 oleh para sarjana berusia muda asal Garut yang ingin mengembangkan desa-desa di Indonesia khusunya di Garut menjadi lebih maju. Sejak dua periode terakhir tidak ada perubahan kepengurusan pada komunitas ini karena para relawan inti yang seharusnya bisa menjadi pengurus memutuskan untuk tidak menjadi pengurus. Rendahnya minat menjadi pengurus akan menghambat perwujudan visi dan misi dari komunitas. Pada periode ini ada 10 orang relawan inti yang masih aktif menjalankan tugas dan mengikuti setiap kegiatan yang diadakan. Ada berbagai alasan dan perilaku yang ditampilkan relawan inti selama melaksanakan tugasnya. McClelland (1987) mengemukakan bahwa setiap individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya sering dipengaruhi oleh berbagai motif. Begitupun dengan perilaku yang ditampilkan relawan inti dalam melaksanakan tugasnya, didasari oleh motif tertentu. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris mengenai gambaran profil motif sosial (McClelland) pada relawan inti komunitas Creative Village Garut. Sehingga nantinya gambaran tersebut dapat dimanfaatkan pihak Creative Village untuk meningkatkan minat relawan inti menjadi pengurus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan alat ukur yang digunakan adalah Thematic Apperception Test (TAT). Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa terdapat sembilan tipe profil motif sosial yang terdapat pada relawan inti periode lima komunitas Creative Village Garut.


Keywords


Social Motif, McClelland, Volunteer

References


Abigail, J. Stewart. (1982). Motivation and Society: A Volume in Honor of David C. McClelland. California: Josery-Bass Inc. Publisher.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dwinova, Putri Hana. (2013). Studi Tentang Profil Motif Sosial Para Pimpinan BEM-F Psikologi UNISBA Periode 2010/2011 dalam Kaitan Pelaksanaan Program Kerja Organisasi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

E.B, Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Wahyu Ary. Motif Relawan Kemanusiaan Rumah Zakat Cabang Depok. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Putri, Wanda Ridwani. (2013). Studi Tentang Motif Gamers Online Addict dalam Bermain Game Online (Studi pada Mahasiswa di C-Net Bandung). Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Putri, Yulianti. (2010). Studi Mengenai Profil Motif Sosial (McClelland) Pada Medical Representative yang Memenuhi Target Penjualan pada Area Bandung Tengah di PT. Otto Pharmaceutical Industries Bandung. Bandung: Fakulats Psikologi Universitas Islam Bandung.

Shaadily, Hassan. (1992). Ensiklopedia Indonesia Jilid 4. Jakarta: Ichtiar Baru dan Van Hoeve.

Siagian, Sondang P. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumantri, S. (2012) Perilaku Organisasi. Bandung: Universitas Padjajaran.

Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi: Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5935

Flag Counter    Â