Studi Deskriptif Nilai Karakter Respect and Responsibility di SMKN Kabupaten Bandung (Studi ini dilakukan pada sekolah yang terakreditasi A)
Abstract
Abstract. Many general public assume that SMK students have a brutal, naughty, unruly attitude, like gangs, and other negative connotations. However, based on the results of the study, it shows that not all SMK students have negative characters as people think. In this study, it was proven that SMK students had high respect and responsibility character values with a percentage of 95% and 95.4%. For the bullying aspect, it was included in the low category with a percentage of 85.1%. The purpose of this study was to obtain description of the character of respect and responsibility in SMKN students in Bandung Regency. The research method used is a descriptive statistical study with quantitative methods. The sampling technique used is Proportionate Stratified Random Sampling with the criteria of student participants, parents, teachers, and staff. Samples were obtained as many as 635 people. The measuring instrument used is the Respect and responsibility school culture survey which has been adapted into Indonesian.
Keywords:Â Character values, respect, responsibility.
Abstrak. Banyak anggapan masyarakat umum bahwa peserta didik SMK memiliki sikap brutal, nakal, susah diatur, suka keroyokan, dan konotasi negatif lainnya. Namun berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua siswa SMK memiliki karakter negatif seperti yang dipikirkan oleh masyarakat. Dalam penelitian ini terbukti bahwa siswa SMK memiliki nilai karakter respect and responsibility yang tinggi dengan persentase 95% dan 95,4%, Untuk aspek perundungan (bullying) termasuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 85,1%.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran karakter respect and responsibility pada siswa SMKN di Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi statistik deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling dengan kriteria partisipan siswa, orang tua, guru, dan staff. Sampel diperoleh sebanyak 635 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Respect and responsibility school culture survey yang telah diadaptasi kedalam bahasa Indonesia.
Kata Kunci:Â Nilai karakter, rasa hormat, tanggung jawab.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fahruz. (2012, Desember 8). Pelajar SMA 20 dan SMK 2 Bandung terlibat tawuran.https://jabartoday.com/pelajar-sma-20-dan-smk-2-bandung-terlibat-tawuran/
Khurniawan, W Arie. (2018). Employability Skill Lulusan SMK Dan Relevansinya Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah & Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Lazuardi, Glery. (2018, Desember 27). KPAI: Sepanjang 2018, Kasus ‘Cyberbullying’ Meningkat. Tribun News.https://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/27/kpai-sepanjang-2018-kasus-cyberbully-meningkat
Lembaga pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2003, Juli 08). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://lppks.kemdikbud.go.id/uploads/pengumuman/uu_no_20_tahun_2003.pdf
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bumi Aksara.
Loyensya, Erchi. (2019, Desember 19). Degradasi Moral Akademik Generasi Milenial.https://www.its.ac.id/news/2019/12/19/degradasi-moral-akademik-generasi-milenial-salah-siapa/
Nasional.tempo.co. (2009, Desember 4). Serang sekolah lain, empat siswa SMK Bandung ditangkap. Nasionaltempo.com, https://nasional.tempo.co/read/211900/serang-sekolah-lain-empat-siswa-smk-bandung-ditangkap
Qadar, R. (2015). Mengakses Aspek Afektif dan Kognitif pada Pembelajaran Optika dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, (2)1, 1-10.
Ramadhan, Dony. (2019, Oktober 29). Penyerangan SMAN 10 Bandung Dipicu Ribut dengan Pelajar SMKN 2 Bandung. Detik news. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4764021/penyerangan-sman-10-bandung-dipicu-ribut-dengan-pelajar-smkn-2
Republika.com. (2019, September 20). Seks Bebas, Hancurkan Generasi Bangsa. Republika.com. https://republika.co.id/berita/py4idc349/seks-bebas-hancurkan-generasi- bangsa.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wangi, Rosiana, Nuraini, & Aslamawati. (2020). Laporan Kemajuan Penelitian Adaptasi alat ukur SCCP II dan Respect & Responsibility School Culture Survey, Bagian Pendidikan & Perkembangan. Fakultas Psikologi Unisba.
Yasmin, Lutfia Faizatul, Anang Santoso & Sugeng Utaya. (2016). Hubungan Disiplin Dengan Tanggung Jawab belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(4), 692-697. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6226
Zamtinah, Kurniawan Untung, Sarosa Doni & Tyasari Rahmah. (2011). Model Pendidikan Karakter Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1446
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28473
  Â