Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kematangan Karier Siswa Kelas XII SMKN 9 Bandung
Abstract
Abstract. The unemployment rate for Vocational High School graduates has been in the highest order for several years. One of the factor that causing the high unemployment rate for VHC graduates is Job Readiness. Meanwhile, the purpose of vocational education is to prepare students who have the readiness to work and the ability to compete in the industrial/business world. The problem of job readiness is caused by low career maturity. SMKN 9 Bandung is a vocational school that was proclaimed by the government as a pilot school that has adequate facilities and flows many graduates into the world of work. SMKN 9 Bandung has several programs that are expected to increase students self-efficacy. This study aims to determine how much influence that self-efficacy has on the career maturity of 12th grade students of SMKN 9 Bandung. This study uses a psychological scale with a self-efficacy measuring instrument from Putri (2018) and a maturity scale from Dewi Sartika (2020). This research uses a population study with the final sample obtained from 254 students of 12th grade students of SMKN 9 Bandung. The method used in this study is causality with a quantitative approach. Analysis of the data used in this study is a simple linear regression test technique. The results of data processing showed an Rsquare value of 0.505 which means that the influence of the self-efficacy variable (X) on career development (Y) is 50.5%. While the remaining as 49.5% is influenced by other factors that not examined. A significance value of 0.000 < 0.05. So it can be concluded that self efficacy affects the career maturity of Vocational High School students.
Keywords: Self-efficacy, Career Maturity, SMKN 9 Bandung
Abstrak. Angka tingkat pengangguran lulusan SMK menduduki urutan tertinggi selama beberapa tahun. Salah satu faktor penyebab tingginya angka tingkat pengangguran lulusan SMK adalah kesiapan kerja. Masalah kesiapan kerja disebabkan oleh rendahnya kematangan karier. Sedangkan tujuan pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan peserta didik yang memiliki kesiapan bekerja dan kemampuan bersaing dalam dunia industri/usaha. SMKN 9 Bandung adalah sekolah kejuruan yang dicanangkan pemerintah sebagai sekolah percontohan yang memiliki fasilitas memadai dan menyalurkan banyak lulusan ke dunia kerja. SMKN 9 Bandung memiliki beberapa program yang diperkirakan dapat meningkatkan self-efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self-efficacy terhadap kematangan karier siswa kelas XII SMKN 9 Bandung. Penelitian ini menggunakan skala psikologis dengan alat ukur self-efficacy dari Putri (2018) dan skala kematangan karier dari Dewi Sartika (2020). Peneltian ini menggunakan studi populasi dengan sampel akhir yang didapatkan yaitu sebanyak 254 siswa kelas XII SMKN 9 Bandung. Metode yang digunakan adalah kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah teknik uji regresi linier sederhana. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai Rsquare sebesar 0.505 yang memiliki arti bahwa pengaruh variabel self-efficacy (X) terhadap variabel kematangan karier (Y) sebesar 50,5%. Sedangkan sebanyak 49,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. Didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap kematangan karier siswa SMK.
Kata Kunci: Self-efficacy, Kematangan Karier, SMKN 9 Bandung
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antara. (2020, Juni 22). Kemendikbud: Siswa Jangan Jadikan SMK Pilihan Kedua. Tempo. https://tekno.tempo.co/read/1356222/kemendikbud-siswa-jangan-jadikan-smk-pilihan-kedua/full&view=ok
Apriliyadi. (2018, Februari 13). Terobosan Mengatasi Tingginya Pengangguran SMK. Kemdikbud. http://smk.kemdikbud.go.id/konten/3575/terobosan-mengatasi-tingginya-pengangguran-smk
Badan Pusat Statistik, B. (2019, November 5). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Jawa Barat sebesar 7,99 persen. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat).https://jabar.bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/760/agustus-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--jawa-barat-sebesar-7-99-persen.html
Bandura, A. (1977). Self-efficacy : Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191-215.
Bandura, A. (1997). Theoretical Perspectives: the nature of human agency. In Self-efficacy: The exercise of control.
Cardoso, P., & Moreira, J. M. (2009). Self-efficacy beliefs and the relation between career planning and perception of barriers. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 9(3), 177–188. https://doi.org/10.1007/s10775-009-9163-2
Claudia, L. (2018). Hubungan Efikasi Diri dengan Kematangan Karier Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15334
Coertse, S., & Schepers, J. M. (2004). Some personality and cognitive correlates of career maturity. SA Journal of Indus trial Psychology, 30(2), 56–73. https://doi.org/10.4102/sajip.v30i2.150
Delina F. S. M. (2018, Juli). Lima Tujuan Revitalisasi SMK. Dinas Pendidikan Jawa Barat.
http://disdik.jabarprov.go.id/news/529/-lima-tujuan-revitalisasi-smk
Fauziah, N., Prasetyo, A. R., Kustanti, E. R., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Kematangan Karier Siswa SMK Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Jurusan. Humanitas, 112-121.
Idfi. (2020, September 2). Direktur SMK Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik indonesia mengecek kesiapan SMKN 9 Bandung untuk pembelajaran di Era Adaptasi Kebiasan Baru. SMKN 9 Bandung. https://smkn9bandung.sch.id/?p=3126
Khurniawan Wibowo, A. (2020, Agustus, 3). Mencermati Kembali, Anomali Angka Pengangguran SMK di Indonesia. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://smk.kemdikbud.go.id/konten/4770/mencermati-kembali-anomali-angka-pengangguran-smk-di-indonesia
Larasati, N., & Kardoyo. (2016). Pengaruh Internal Locus of Control Dan Self-Efficacy Terhadap Career Maturity Siswa Kelas XII SMK Di Kabupaten Kudus. Economic Education Analysis Journal 5(3), 747–760.
Makki, S. (2019, April 4). Lulusan SMK Banyak Menganggur, Menteri Bambang Anggap Anomali. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190403134803-92-383168/lulusan-smk-banyak-menganggur-menteri-bambang-anggap-anomali
Malik, L. R. (2015). Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( Stain ) Samarinda. Fenomena, 7(1), 109–128.
Nainggolan, Ully, Rona. Maulipaksi, D. (2018, January 7). Kafe Kecil SMKN 9 Bandung di Pameran Pendidikan Vokasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/02/kafe-kecil-smkn-9-bandung-di-pameran-pendidikan-vokasi
Napitupulu, L, E. (2012, Juni 30). SMKN 9 Bandung, Mengelola Hotel Sendiri. Kompas.https://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/09522644/smkn.9.bandung.mengelola.hotel.sendiri?page=all
Purwandika, R., & Ayriza, Y. (2020). The Influence of Self-Efficacy on Career Maturity of High School Students in Pacitan Regency, Proseedings Of The 2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019 (ISGC 2019), 93–97. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.021
Putri, Lulu. Cyintiami. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Unisba.
Ridwan, M. F. (2019, November 7). SMK dan S-1 Penyumbang Tertinggi Pengangguran di Bandung. https://nasional.republika.co.id/berita/q0lmvb349/smk-dan-s1-penyumbang-tertinggi-pengangguran-di-bandung#:~:text=Berdasarkan data Disnakertrans Kota Bandung,dan yang tidak tamat 13.924
Sharf, R. S. (2010). Applying Career Development Theory to Counseling. United States of America. Cengange Learning.
Zein, Mohammad. (2019, October 20). SMKN 9 Bandung Diakui sebagai Sekolah Kepariwisataan Percontohan di ASEAN. https://bandungkita.id/2019/10/20/smkn-9-bandung-diakui-sebagai-sekolah-kepariwisataan-percontohan-di-asean/
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28332
  Â