Hubungan Antara Pendidikan Karakter Bandung Masagi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 8 Bandung
Abstract
Abstact. Bandung Masagi is a character education program implemented at SMAN 8 Bandung. Character education of Bandung Masagi is an implementation of the local wisdom- based character education model, formulated by the Bandung City Education Office. This character education is based on a complete, solid, and steady cultural view of life, towards perfection. There are four main programs, namely: love of religion, protecting culture, defending the country, and loving the environment. In terms of school achievement, SMAN 8 Bandung is also one of the schools that can maintain the predicate of the most accepted students in PTN, during two of 2016-2017 and 2017-2018 academic years. The purpose of this study was to determine the relationship between character education of Bandung Masagi with student achievement at SMAN 8 Bandung. This study uses a population study. The final sample obtained in this study were students of class XI and XII of SMAN 8 Bandung with a total of 258 students. The method in this research is correlation with quantitative approach. The data analysis used in this research is Pearson correlation analysis. The measuring instrument used in this study is the Bandung Masagi measuring instrument which was constructed by the researcher with the result of Cronbach Alpha = 0.9. The correlation coefficient (r) is 0.067 with a very low relationship category, and a significance value of 0.285 (> 0.05) so that it can be seen that there is no significant correlation between the Bandung Masagi variable and the Learning Achievement variable.
Keywords: Character Education, Bandung Masagi, Learning Achievement, SMAN 8 Bandung
Abstrak. Di SMAN 8 Bandung terdapat program pendidikan karakter yang bernama Bandung Masagi. Pendidikan karakter Bandung Masagi adalah sebuah implementasi dari model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, dirumuskan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung. Pendidikan karakter ini berdasarkan pada pandangan hidup budaya paripurna, kokoh, dan ajeg, menuju kesempurnaan. Terdapat empat program utama, yaitu cinta agama, jaga budaya, bela negara, dan cinta lingkungan. Dalam segi prestasi SMAN 8 Bandung juga termasuk sekolah yang dapat mempertahankan predikat siswa yang paling banyak diterima di PTN, selama dua tahun ajaran 2016-2017 dan 2017-2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pendidikan karakter Bandung Masagi dengan prestasi belajar siswa SMAN 8 Bandung. Penelitian ini menggunakan studi populasi. Sampel akhir yang didapatkan pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI dan XII SMAN 8 Bandung dengan jumlah 258 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi Pearson. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu alat ukur Bandung Masagi yang dikontruksikan oleh peneliti dengan hasil Alpha Cronbach = 0.9. nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.067 dengan kategori hubungan sangat rendah sekali, dan nilai signifikansi sebesar 0,285 (> 0.05) sehingga dapat diketahui bahwa tidak ada korelasi yang berarti antara variabel Bandung Masagi dengan variabel Prestasi Belajar.
Kata Kunci:Â Pendidikan Karakter, Bandung Masagi, Prestasi Belajar, SMAN 8 Bandung
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Syafi'i. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek yang Mepengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan.
Ahsani, M. (2014). Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona dan Abdullah Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Karakter Keluarga dan Sekolah. Didaktika Religia.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy Of Educational Objective. London: Longmans, Green and CO Ltd.
Bodenhorn, N. (2006). Relationships Between Implementing Character Education, Student Behavior, and Studeng Achievement. Journal of advanced Academics.i.
Fasikhah, S. S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.
Firdaus, A. M. (2017, Oktober 26). Pendidikan Karakter ala SMAN 8 Bandung. Retrieved from https://ayobandung.com/: https://ayobandung.com/read/2017/10/26/25076/pendidikan-karakter-ala-sman-8-bandung
Harahap, A. C. (2019). Character Building. Al-Irsyad : Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Jeynes, W. H. (2019). A Meta-Analysis on the Relationship Between Character Education and Student Achievement and Behavioral Outcomes. Education and Urban Society.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu.
Lickona, T. (1991). Educating for Character : How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Margianto, H. (2019, November 28). Guru dan Tantangan Pendidikan Karakter. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/: https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/28/17440771/guru-dan-tantangan-pendidikan-karakter?page=all.
Mayla, I. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTS Al-Islahiyah Bobosan Kandangan Kediri. Inovatif.
Pendidikan, D. (2017, November 23). Pendidikan Karakter Bandung Masagi. Retrieved from https://disdik.bandung.go.id/ver3/pendidikan-karakter-bandung-masagi/
Redaksi. (2020). Kembali Siswa SMAN 8 Kota Bandung Menjadi Yang Terbanyak Diterima SNMPTN. Kota Bandung: https://majalahsora.com/kembali-siswa-sman-8-kota-bandung-menjadi-yang-terbanyak-diterima-snmptn/.
Sudira, P. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter.
Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar.
Tambunan, K. E. (2013). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Ts, A. B. (2013). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Unayahh, N., & Sabarisman, M. (2015). Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Sosio Informa.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28327
  Â