Study Deskriptif Wisdom And Knowledge pada Volunteer Departement Bina Desa Yayasan Pemuda Peduli di Kota Bandung

Nadya Suci Nurfadhilah, Dewi Sartika Akbar, Rizka Hadian

Abstract


Abstrak. The problem of education is a problem that still often occurs. At the Yayasan Pemuda Peduli there is the Bina Desa Department that is responsible for the preparation and development of educational programs. During the process there were a number of problems including the preparation of many activities, closed society, and students who were difficult to direct. However, Volunteer shows behavior in the form of giving ideas on how to develop education, looking for various information about educational problems, and willing to contribute actively to community problems. This leads to one of the trait positive possessed by individuals, namely Wisdom and Knowledge. The purpose of this study is to look at the picture of Wisdom and Knowledge in the Bina Desa Department volunteers. The method used is descriptive method. The subjects used were as many as 45 people who were the entire Department of Bina Desa. Measurements were made based on Peterson and Saligman's (2004) theory for Wisdom and Knowledge. On the Wisdom and Knowledge scale obtained 29 valid items with a reliability value of 0.944. Based on the results of data processing, the results show that the Perspective aspect has the highest category of 45 people (100%), then the Open mindedness aspect is 39 people (86.7%), then the Creativity aspect is 36 people (80%), then the Curiosity aspect as many as 35 people (77.8%), then the aspect of Love of Learning with the highest category of at least as many as 27 people (60%).

Keywords: Wisdom and Knowledge, Volunteer.

Abstrak. Permasalahan pendidikan merupakan masalah yang masih sering terjadi. Pada Yayasan Pemuda Peduli terdapat Departement Bina Desa yang bertanggung jawab dalam penyusunan dan pengembangan program pendidikan. Selama proses terdapat beberapa masalah yaitu persiapan kegiatan yang banyak, masyarakat yang tertutup, dan siswa yang sulit untuk diarahkan. Namun, Volunteer menunjukkan perilaku berupa memberikan ide cara pengembangan pendidikan, mencari berbagai informasi masalah pendidikan, dan mau berkontribusi aktif pada masalah masyarakat. Hal tersebut mengarah pada salah satu trait positive yang dimiliki individu  yaitu Wisdom and Knowledge. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat gambaran Wisdom and Knowledge pada volunteer Departement Bina Desa. Metoda yang digunakan adalah metoda deskriptif. Subjek yang digunakan yaitu sebanyak 45 orang yang merupakan seluruh Departement Bina Desa. Pengukuran dilakukan berdasarkan teori Peterson and Saligman (2004) untuk Wisdom and Knowledge. Pada skala Wisdom and Knowledge diperoleh 29 item valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,944. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan hasil bahwa aspek Perspective memiliki kategori tertinggi terbanyak yaitu 45 orang (100%), kemudian aspek Open mindedness sebanyak 39 orang (86,7%), kemudian aspek Creativity  sebanyak 36 orang (80%), kemudian aspek Curiosity sebanyak 35 orang (77,8%), kemudian aspek Love of Learning dengan kategori tinggi paling sedikit yaitu sebanyak 27 orang (60%).
Kata Kunci : Wisdom and Knowledge , Volunteer.


Keywords


Wisdom and Knowledge , Volunteer.

Full Text:

PDF

References


Alexandra Coghlan (2015). “Prosocial behaviour in volunteer tourismâ€. Diambil dari : https://scholar.google.com/scholar?start=0&q=Journal+of+prosocial+Behaviour+in+volunteer+PDF&hl=id&as_sdt=0,5. Diakses pada tanggal 12Oktober 2019.

Avey, J.B., Luthans, F., Hannah, S.T., Sweetman, D., & Peterson, C. (2012). Impact of employees’ character strengths of wisdom on stress and creative performance. Human Resource Management Journal, 22(2), 165-18. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2019.

Agung, Saputra.2019. Masalah Pendidikan di Indonesia. CNN Indonesia. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2019.

Bradley, R.H. and Corwyn, R.F. (2002) Socioeconomic Status and Child Development. Annual Review of Psychology, 53, 371-399. http://dx.doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135233. Diakses pada tanggal 12 November 2019.

Carey H. Adams,David W. (2009). “Communication and motivation within the superiorâ€subordinate dyad: Testing the conventional wisdom of volunteer managementâ€. Diambil dari Journal of Applied Communication Research . diambil dari https://nca.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00909888809365274#.XdYnLtyfjBJ. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2019.

Fraenkel,J.R dan Wallen. (2008). “How to Design and Evaluate research in Educationâ€. New York : McGraw-Hill.

Hayati Soeroedjo, Status Hakim Yayasan Dalam Kaitannya Dengan Penataan Badan badan Usaha di Indonesia, Makalah pada Temu kerja Yayasan : Status Badan Hukum dan Sifat Wadahnya, Jakarta, 15 Desember 1981, hal. 4. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2019.

Holt, N. L., & Hogg, J. M. (2002). Perceptions of stress and coping during preparations for the 1999 women’s soccer world cup finals. The Sport Psychologist, 16, 251-271.diakses pada tanggal 23 Otktober 2019.

Jessica L. Collett and Christopher A. Morrissey. (2005). The Social Psychology of Generosity . diambil dari www2.psych.ubc.ca/~schaller/Psyc591Readings/PennerDovidioPiliavinSchroeder2009.pdf. diakses pada tanggal 23 Oktober 2019.

KBBI. Definisi Volunteers. Diambil dari https://jurnal-oldi.or.id/public/kbbi.pdf. Diakses bada tanggal 9 Oktober 2019.

Killen & Smetana, (2006), h. 55. “Social inclusion and exclusion in same-race and interracial peer encounters†diambil dari:https://psycnet.apa.org/buy/2019-56122-001. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2019.

Kaplan, R., Sacuzzo, Dennis P. 1992 “Psycological Testing Pinciplesâ€, Aplication, and Issue, , California, Broks/Cole Publishing Company, Hal 106, 123. Diakses pada tanggal 23 November 2019.

Keminbud. 2019. Tingkat siswa Putus Sekolah. Statistik Data Keminbud. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2019.

Masten, A. S., & Reed, M. J. (2002). Resilience in development. NewYork : Oxford University Press.

Noor, H. (2012). Psikometri Aplikasi Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi UNISBA.

Naiman, L. (2011). Creative resilience: 5 strategies to help you thrive during times of transition. http://www.creativityatwork.com. Diambil pada tangga 2 Juni 2019.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Editama.

PETERSEN & SELIGMAN MARTIN E. (2004). Character Strengths and Virtues:A Handbook and Classification.

Pervin. 2005 . Personality: theory and research. diambil dari https://books.google.co.id/books/about/Personality.html?id=QiNaAAAAYAAJ&redir_esc=y. diakses pada tanggal 26 Juni 2019.

Sansone, C., Weir, C., Harpster, L. and Morgan, C. (1992). ‘Once a boring task always a boring task?Interest as a self-regulatory mechanism’. Journal of Personality and Social Psychology, 63: 3, 379–390. Diakses pada tanggal 12 Juni 2019.

Siebert, Al. (2010). How to develop resiliency strenghts. Al Siebert Resiliency Centre. http://resiliencycenter.com/how-to-develop-resiliency-strengths/.diakses pada tanggal 30 Juni 2019.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.Bandung : Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Senar,Arum. 2019. Masalah Pendidikan di Desa Pedalaman. Liputan6. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2019.

Syahwan, Rozi. 2017. ’’LOCAL WISDOM AND NATURAL DISASTER IN WEST SUMATRA’’. Diambil dari. https://www.researchgate.net/publication/317019086_LOCAL_WISDOM_AND_NATURAL_DISASTER_IN_WEST_SUMATRA. Diakses pada tanggal 16 Noverber 2019.

Suryabrata. 2008. Psikologi Kepribadian. Diambil dari https://saidnazulfiqar.files.wordpress.com/2008/04/psikologi-kepribadian.pdf. Diakses pada tanggal 24 Juni 2019.

Stoner, James A.F., Edward Freeman, dan Daniel R Gilbert. 1995. Management. New Jersey: Prentice Hall.

Yuliasih. (2017). “PERAN WISDOM DAN KNOWLEDGE TERHADAP RESILIENSI PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI STRES AKADEMIKâ€. Diambil dari : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI/article/download/11599/6833. Diakses pada tanggak 15 Oktober 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20742

Flag Counter    Â