STUDI DESKRIPTIF SCHOOL ENGAGEMENT SISWA KELAS X, XI DAN XII IPS SMA MUTIARA 2 BANDUNG

FIRDHA AFRIANTY, SULISWORO KUSDIYATI

Abstract


SMA Mutiara 2 Bandung merupakan salah satu SMA Swasta berstatus terakreditasi A yang terletak di Jalan Raya Cibeureum No. 10 Bandung. Berdasarkan data-data yang diperoleh di SMA Mutiara 2 Bandung, banyak siswa yang memiliki prestasi rendah, sering melanggar peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas-tugas sekolah, tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dan tidak berpartisipasi dalam kegiatan sekolah (ekstrakurikuler), siswa merasa tidak senang terhadap guru, teman sekelas, sekolah, dan proses pembelajaran di kelas serta tidak adanya penggunaan strategi dalam pembelajaran. Maksud dan tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai gambaran school engagement dan faktor-faktor yang terkait pada siswa kelas X, XI dan XII IPS di SMA Mutiara 2 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah 26 siswa kelas X, XI dan XII IPS SMA Mutiara 2 Bandung. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa skala school engagement yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori school engagement dari Fredricks. Data yang diperoleh berupa data ordinal, dengan pengolahan data menggunakan perhitungan Persentase (%). Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil bahwa sebanyak 16 siswa memiliki school engagement yang rendah, dan 10 siswa memiliki school engamement yang tinggi. Serta untuk faktor-faktor yang paling terkait dengan school engamement adalah faktor orangtua dan faktor teman sekelas.


Keywords


School engamement, Orangtua, Teman Sekelas

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Connell, James P, Wellborn, James G, (1990), Competence, Autonomy, and Relatedness : A Motivational Analysis of Self System Process. University of Rochester.

Christenson, Sandra L., Reschlu, Amy L., Wylie, Cathy. (2012). Handbook Of Research On Student Engagement. Springer Science Business Media.

Hurlock, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Edisi Kelima. Jakarta : PT. Erlangga.

Fredrick , A., Jennifer. (2004). School Engagement: Potential of the Concept, State Of The Evidence, Vol 74, No. 1, PP 59-109.

Mahesa, Firza., Maulana. (2013). Hubungan antara Goal Orientation DenganStudent Engagement Pada Siswa Sekolah Masjid Terminal, Skripsi Universitas Indonesia, Juli. 2013.

Napitupulu, Prima., Posma. (2013). Hubungan Antara Student Engagement Dan Perceived Classroom Goal Structure Siswa Sma Pada Mata Pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris, Skripsi Universitas Indonesia, Agustus. 2013.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikomteri. Cetakan Kedua. Bandung : Jauhar Mandiri

Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Bandung : Prenada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1373

Flag Counter    Â