PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNISBA. (STUDI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG MATA KULIAH PSKOLOGI PENDIDIKAN 2 KELAS C).

EKA NOVITA PEBRIANI, DEWI ROSIANA

Abstract


Perbedaan persepsi terhadap Flow pada metode pembelajaran yang berbeda dapat dirasakan oleh mahasiswa pada mata kuliah Psikologi Pendidikan 2 kelas C. Prilaku yang mahasiswa tampilkan tiap metode berbeda-beda antara lain pada saat metode ceramah plus tanya jawab beberapa mahasiswa fokus mendengarkan, mencatat materi yang dianggap penting, dan menjawab pertanyaan yang diajukan dosen, namun ada beberapa mahasiswa yang mengobrol, memainkan handphone, mengerjakan tugas lain. Pada metode diskusi kelompok kecil beberapa mahasiswa masing-masing mencari sumber untuk pembahasan, bertukar pendapat, namun ada pula yang hanya menyalin tugas teman sekelompoknya dan mengobrol dengan teman kelompoknya. pada metode ujian beberapa mahasiswa fokus terhadap apa yang dikerjakan, membaca dengan teliti namun ada beberapa mahasiswa terlihat tidak fokus dengan melirik-lirik teman sebelahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental yang melibatkan 23 mahasiswa pendidikan 2 kelas C. Pengumpulan data Flow dilakukan dengan menggunakan alat ukur baku dari Rheinberg, Vollmeyer, and Engeser. Analisis data menggunakan ANOVA dan mengukur metode mana yang berbeda menggunakan Post Hoc. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh antara metode pembelajaran terhadap Flow pada mahasiswa psikologi pendidikan 2 kelas C dan terdapat berbedaan pengaruh tingkat Flowpada metode ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok kecil dan ujian dengan signifikan=0,002 <a = 0,05. Berdasarkan uji post-hoc terdapat perbedaan rata-rata tingkat flow antara metode diskusi kelompok dengan ceramah plus tanya jawab dengan nilai signifikan 0,005 < α = 0,05 dan terdapat perbedaan antara metode pembelajaran diskusi kelompok dengan ujian dengan nilai signifikan 0,001 < α = 0,05. Sedangkan rata-rata flow antara metode pembelajaran ceramah plus tanya jawab dengan ujian tidak terdapat perbedaan yang signifikan 0,547 > α =0,05. hasil yang diperoleh yaitu metode diskusi kelompok kecil lebih efektif dibandingkan metode ceramah plus tanya jawab dan metode ujian.


Keywords


Flow Akademik, Metode pembelajaran, Psikologi UNISBA, Pendidikan 2

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Peneltian. Jakarta : Rineka Cipta

Bastable, Susan, B. (2002). Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip Pengajaran.

Jakarta: EGC.

Carr, R., Hagel, P. & Hellier, P. (2010). Measuring student engagement: Using

‘flow’ theory to guide question development. In M. Devlin, J.Nagy and

A.Lichtenberg (Eds.) Researchand Development in HigherEducation:

Reshaping Higher Education, 33 (pp. 167-177). Melbourne, 6–9 July,

Csikszentmihalyi, Mihalyi. (2014). Applications of Flow in HumanDevelopment

and Education : The Collected Works of MihalyCsikszentmihalyi. Springer

Science+Business Media Dordrecht 2014.

Engeser , Stefan.(2012). Advances in Flow Research. Institute of Psychology

University of Trier, Germany : Springer Science+Business Media.

David J. Shernoff & Mihalyi Csikszentmihalyi.(2014). Flow in school, chapter

,134.Springer Science+Business Media Dordrecht.

David J. Shernoff, Mihaly Csikszentmihalyi, Barbara Schneider, Elisa Steele

Shernoff. Student Engagement in High School Classroomsfrom the

Perspective of Flow Theory, School Psychology Quarterly, Vol. 18,

No. 2, 2003, pp. 158–176.

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Flow in school, David J. Shernoff & Mihalyi Csikszentmihalyi, chapter 11, 134.

Springer Science+Business Media Dordrecht 2014.

Guo,Yi Maggie & Young K. Ro.(2008). Capturing Flow in the Business Classroom. Vol 6, No 2

Joel M. Hektner,Jennifer A. Schmidt,Mihaly Csikszentmihalyi. Experience

Sampling Method : Measuring the Quality of Everyday Life.Copyright

© 2007 by Sage Publications, Inc.

John P. Steele,Clive J. Fullagar. Facilitators and Outcomes of Student

Engagement in a College Setting. Kansas State University The Journal OfPsychology,2009, 143(1), 5–27. Copyright © 2008 HeldrefPublications.

Kaplan, Robert M. & Dennis P. Saccuzzo. 2005. Phsycological Testing principles, Application, and Issues. California: Brooks/Cole Publishing Company, Pacific Grove.

Marlina, Agni (2014) HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN KOGNITIF STRESSFUL BUDAYA AKADEMIK DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/6252/4/S_PSI_0900312_Chapter1.pdf. 2015.03.14

Noor, Hasanuddin. 2012. Psikometri:Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung : Fak.Psikologi-UNISBA.

Qomariyah, Nur (2012) IMPLEMENTASI STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII MTS. TERPADU AL FATICH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/9863/9/bab02.pdf.2015.04.18

Shernoff, David J. Optimal Learning Environments to Promote Student Engagement.Springer Science+Business Media New York 2013.

Thais Piassa Rogatko.The Influence of Flow on Positive Affect in College

Students.Published online: 14 August 2007. SpringerScience+Business Media. B.V. 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1240

Flag Counter    Â