HUBUNGAN ANTARA PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG ANGKATAN 2011

KUMARA MANGGARANI, ENDANG SUPRAPTININGSIH

Abstract


Dalam kegiatan perkuliahan, sebagian besar mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2011 mengobrol dengan teman, memainkan handphone, pasif, membolos kuliah, menunda-nunda tugas, mencontek, tidak memiliki jadwal belajar, dan saling mengandalkan dalam tugas kelompok. Hal-hal tersebut mengindikasikan rendahnya motivasi berprestasi karena mahasiswa memaknakan positif peran kelompok teman sebaya yang bermasalah dalam kegiatan belajar. Lebih lanjut, ada juga mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2011 yang rajin belajar, memperhatikan dosen saat perkuliahan, dan mengerjakan tugas sendiri karena mereka memaknakan negatif peran kelompok teman sebaya yang bermasalah dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik sampling yang digunakan berupa teknik simple random sampling dengan subjek sebanyak 110 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner peran kelompok teman sebaya berdasarkan teori dari Shaffer (1994) dan alat ukur motivasi berprestasi berdasarkan teori Gage dan Berliner (1976). Hasil penelitian didapatkan nilai korelasi sebesar -0,804 yang berarti terdapat hubungan negatif dengan tingkat korelasi tinggi antara peran kelompok teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba angkatan 2011. Artinya semakin positif pemaknaan peran kelompok teman sebaya, maka semakin rendah motivasi berprestasi mahasiswa. Sebaliknya, semakin negatif pemaknaan peran kelompok teman sebaya, maka semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa.

Keywords


Kelompok teman sebaya, mahasiswa, motivasi berprestasi

References


Aina, Omotayo Olugbenga. (2014). Application of motivation theories in the construction industry. IOSR Journal Vol. 16, Issue 7. Ver. III, PP 01-06. http://iosrjournals.org/iosr-jbm/papers/Vol16-issue7/Version-3/A016730106.pdf

Ames, Carole & Jennifer Archer. (1988). Achievement goals in the classroom: students learning strategies and motivation processes. Journal of Educational Psychology Vol. 80, No. 3, 260-267. http://www.unco.edu/cebs/psychology/kevinpugh/motivation_project/resources/ames_archer88.pdf

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Atkinson, Rita L., Richard C. Atkinson, Edward E. Smith, & Daryl J. Bem. (2010). Pengantar psikologi jilid satu. Tangerang : Interaksara.

Atmadja, Astrid. (2006). Hubungan antara dukungan peer group dan motivasi berprestasi pada siswa-siswi SMA X Bandung. Skripsi Universitas Kristen Maranatha : tidak diterbitkan.

Azwar, Saifuddin. (2010). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

_______ (2014). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Basri, Seta. (2012). Uji korelasi spearman dengan SPSS dan manual. http://setabasri01.blogspot.com/2012/04/uji-korelasi-spearman-dengan-spss-dan.html. (Diunduh tanggal 27 Desember 2014).

Davey, Graham. (2013). Applied psychology. United Kingdom : BPS Blackwell.

Gage N. L. and Berliner David C. (1976). Educational psychology third edition. Boston : Houghton Mifflin Company.

Jainuri, Muhammad. Statistik parametrik: teknik analisis korelasi. https://www.academia.edu/4768831/Statistik_Parametrik_TEKNIK_ANALISIS_KORELASI. (Diunduh tanggal 7 Mei 2015).

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri : aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku cetakan kedua. Jauhar Mandiri.

Rahayu, Makmuroh Sri. (2009). Diktat kuliah: psikologi umum 1 jilid 2.

Santrock, John W. (1984). Children and adolescents : a developmental perspective. Iowa : Wm C. Brown Publishers.

_______ (2007). Remaja edisi 11 jilid 1. Jakarta : Erlangga.

_______ (2007). Remaja edisi 11 jilid 2. Jakarta : Erlangga.

_______ (2012). Life-span development : perkembangan masa hidup edisi ketigabelas jilid I. Jakarta : Erlangga.

_______ (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika.

Shaffer, David R. (1994). Social and personality development 3rd edition. California: Brooks/Cole Publishing Company Pacific Grove.

Stotz, Rodger and Bruce Bolger. (2014). Content and process theories of motivation. Journal of Incentive Marketing Association. http://c.ymcdn.com/sites/www.incentivemarketing.org/resource/resmgr/imported/Sec%201.4.pdf

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Widhiarso, Wahyu. (2010). Pengembangan skala psikologi. UGM.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1141

Flag Counter    Â