Analisis Persentase Civil Material terhadap OB Rom di Lokasi Face Petea PT Vale Indonesia Soroako Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan

Musdapi Musdapi, Yuliadi Yuliadi, Dono Guntoro

Abstract


: Dalam kegiatan proses penambangan di PT Vale Indonesia, salah satu tahapan yang dilakukan adalah pengupasan lapisan tanah penutup (stripping of overburden), agar dapat mengambil bijih nikel (ore) yang berada di bawah lapisan overburden. Kegiatan stripping tersebut dilakukan di lokasi pemuka kerja (face) dan diperlukan area tertentu untuk memindahkan material overburden, yaitu lokasi disposal agar tidak menghambat kegiatan produksi. Berkaitan dengan kegiatan tersebut kondisi tanah permukaan di lokasi face dan disposal kurang mendukung untuk landasan alat mekanis yang bekerja, sehingga diperlukan material perkerasan atau yang lebih dikenal dengan material civil di lokasi face dan disposal sebagai landasan alat mekanis yang bekerja.

Objek penelitian yang diamati adalah nilai persentase kebutuhan material civil terhadap OB ROM khususnya di area Petea mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya (2011-2015) yaitu pada tahun 2016 yakni dari budget awal 18%. Sehingga diperlukan analisis untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh diantaranya kondisi curah hujan, kondisi perubahan geometri face dan kondisi geometri disposal dengan menentukan metoda matematik untuk menghitung kebutuhan material civil di lokasi face dan disposal.

Nilai persentase material civil terhadap OB ROM aktual (2011-2016) dikorelasikan terhadap kondisi curah hujan (2011-2016) melalui pembacaan grafik dan menghitung koefisien korelasinya, serta menghitung volume dari geometri face (old & existing) dan geometri disposal dengan metoda matematik rumus trapezium dan balok yang nantinya diketahui nilai persentase material civil terhadap OB ROM secara matematik di lokasi face dan lokasi disposal. Berdasarkan nilai persentase material civil matematik dikorelasikan dengan kondisi persentase material civil aktual. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kondisi curah sangat berpengaruh terhadap nilai persentase kebutuhan material civil dan memiliki nilai koefisien korelasi sangat kuat (0,811). Berdasarkan perhitungan metode matematik didapatkan nilai persentase material civil terhadap OB ROM yang direkomendasikan sebesar 26% (16% face dan 10% disposal) sesuai dengan kondisi aktual di lapangan.


Keywords


Perkerasan, PemukaKerja, LokasiPembuangan OB

References


Anonim, (1973), The American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) Manual Rural High Way Design

Arif, Irwandy, dan Gatut S.Adisumo. (2000), Perencanaan Tambang, Diktat Kuliah, Jurusan Teknik Pertambangan ITB, Bandung.

Enasora, Bayu.(2016), Perencanaan Penambangan Bottom Ore Dengan SmallFleet Dalam Setahun di Nickel Hill 02 & 05 PT Vale Indonesia, Teknik Pertambangan UNP: Padang

Golightly, J.P., (1979), Geology of Soroako Nickeliferous Laterite Deposite, Int. Laterite Simp, New Orleans.

Hamilton, W., (1979), Tectonics of the Indonesian Region, U.S. geological Survey profesional Paper, 1078, 345.p.

Kadarusman. Ade Ir., Dr., (2003), East Sulawesi Ophiolite Presentation,PusatPenelitian Geoteknologi, LIPI, Bandung

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, (2012), Marketing Management, 14th Edition United States of America: Pearson

Maryanto, (2008), PengantarPerencanaanTambang,DiktatKuliah, JurusanTeknikPertambangan UNISBA, Bandung.

Prodjosumarto, Partanto dan Zaenal. (2000), Tambang Terbuka, Buku AjarJurusan Teknik Pertambangan UNISBA, Bandung.

Simandjuntak, TO., (1980), Wasuponda Melanges. The 8th Ann. Meeting Ass.Indon.Geol. Jakarta.

Sukamto, R., (1975), Geological map of the Ujungpandang Sheet, Scale 1:1.000.000,Geological Survey of Indonesia, Bandung.

Sunarno, P. (2008), Standard Job Procedure Perencanaan dan Pelaksanaan Disposal, Mining Departement PT. Inco Tbk.: Sorowako.

Supandjono, J.B., Haryono, E. and Koswara, A., (1993), Geological map of the Banggai Quadrangle, Scale 1:250.000, Indonesian Geological Research and Development Centre, Bandung.

Supranto, J. (2008), StatistikTeoridanAplikasiEdisiKetujuhJilid I. Jakarta: Erlangga

Terzaghi, K., Peck, R. B. 1987. Mekanika Tanah DalamPraktekRekayasa. PenerbitErlangga, Jakarta. Wesley.

Van Bemmelen R.W., (1949). The geology of Indonesia. Government Printing Office, The Hague (3 volumes).

W.kaufman, Walter and C.Ault, James (1977), Society of Mining Design of Surface Mine Haulage Road- A manual, United States Departement of The Interior, Berau of Mine.

Wafi Auzan, H. (2010), Optimasi Pemilihan Material Civil Untuk Mendukung Keperluan Produksi di PT INCOTeknik Pertambangan UPN: Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.7540

Flag Counter    Â