Kajian Korosi Dan Proteksi Katodik Sistem Anoda Korban Pada Pipa Transportasi Crude Oil Pipeline B di Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat

bayu adji laksamana, elfida moralista, zaenal zaenal

Abstract


Abstract. Petroleum and gas transportation activities generally use metal-based tools, including pipes. Metals are used for transportation pipes because they have good resistance to pressure and temperature. However, metal pipes will experience corrosion when interacting with their environment. These environments are water, air, natural gas and crude oil. The impact of losses due to corrosion is a reduction in pipe thickness which causes pipe leakage and causes the remaining life of the pipe to be low. Therefore it is necessary to conduct a corrosion study on the pipe to monitor the corrosion rate so that the pipe can be used according to the pipe design age.  This research was conducted on a crude oil transportation pipe along 2,730 meters which is located above and below the ground surface. This study aims to determine the type of corrosion, the level of protection of the cathodic protection method of the sacrificial anode system, the corrosion rate (CR), and the remaining service life (Remaining Service Life / RSL) of the pipe and the external environmental factors that influence it. The type of corrosion that occurs in crude oil transportation pipes is a type of uniform corrosion and erosion corrosion. External environmental factors, namely soil resistivity and soil pH do not affect the rate of corrosion and the remaining useful life of the pipe because the coating, wrapping and cathodic protection of the sacrificial anode system used are still functioning properly. The potential value of cathodic protection ranges from -1.059 to -997 mV vs CSE indicating the level of protection in being protected based on the NACE RP0169 standard. The corrosion rate of the pipe is 0.4015-0.4376 mm / year based on the relative corrosion resistance of steel which is included in the good category. The service life of the pipe is 13 years and the remaining service life of the pipe is 7.24-8.40 years, therefore there are 2 test points or 13.3% which are estimated to be unable to reach the pipe design life of 20 years.

Keywords : Carbon Steel, Crude Oil, API 5L Grade B, Corrosion Rate, Remaining Service Life of the Pipe

 Abstraks. Kegiatan transportasi minyak bumi dan gas umumnya menggunakan alat-alat yang memiliki bahan dasar logam, diantaranya adalah pipa. Logam digunakan untuk pipa transportasi karena mempunyai sifat ketahanan yang baik terhadap tekanan dan temperatur. Namun, pipa logam akan mengalami korosi apabila berinteraksi dengan lingkungannya. Lingkungan tersebut adalah air,udara,gas bumi,dan crude oil. Dampak kerugian karena terjadinya korosi adalah pengurangan ketabalan pipa yang menyebabkan kebocoran pipa dan menyebabkan sisa umur pakai pipa menjadi rendah. Maka dari itu perlu dilakukannya kajian korosi pada pipa untuk monitoring laju korosi sehingga pipa dapat digunakan sesuai dengan umur desain pipa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengukuran pengurangan ketebalan pipa untuk menentukan laju korosi dan sisa umur pakai pipa berdasarkan API 570. Pengukuran pengurangan ketebalan pipa dilakukan pada 15 test point dengan menggunakan alat Ultrasonic Thickness Gauge Panametrics MG 2 DL. Kondisi lingkungan pada lokasi penelitian mempunyai pH tanah 6 – 6,6 termasuk kategori asam, temperatur udara rata-rata 270C dan resistivitas tanah 2.209 – 3.504 ohm.cm tergolong ke tingkat sangat korosif sampai korosif.  Jenis korosi yang terjadi pada pipa transportasi crude oil merupakan jenis korosi merata (uniform corrosion) dan korosi erosi (erosion corrosion). Faktor-faktor lingkungan eksternal yaitu resistivitas tanah dan pH tanah tidak mempengaruhi laju korosi dan sisa umur pakai pipa dikarenakan coating,wrapping dan proteksi katodik sistem anoda korban yang digunakan masih berfungsi dengan baik. Nilai potensial proteksi katodik berkisar -1.059 hingga -997 mV vs CSEmenunjukan tingkat proteksi kedalam terproteksi berdasarkan standar NACE RP0169. Laju korosi pada pipa adalah 0,4015-0,4376 mm/tahun berdasarkan ketahanan korosi relatif baja termasuk dalam kategori good. Umur pakai pipa selama 13 tahun dan sisa umur pakai pipa 7,24-8,40 tahun, oleh karena itu terdapat 2 test point atau 13,3% yang diperkirakan tidak dapat mencapai umur desain pipa yaitu 20 tahun.

 Kata kunci :  Pipa Baja, Crude Oil, API 5L Grade B, Laju Korosi, Sisa Umur Pakai Pipa


Keywords


Pipa Baja, Crude Oil, API 5L Grade B, Laju Korosi, Sisa Umur Pakai Pipa

Full Text:

PDF

References


Al-Hafydhz, Ikhsan, Moralista, Elfida, dan Usman, Dudi Nasrudin, 2018, “Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Remining Service Life / RSL) pada Jalur Pipa Transportasi Gas Jumper Simpang Brimob – NFG (Non Flare Gas) Mundu di PT Pertamina EP Asset Jatibarang Field Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Baratâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Agustus, 2018), ISSN : 2460-6499 ; P 467-657, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Anonim, 2012, “Pipeline Transportation System for Liquids and Slurries (ASME 31.4)â€, American Society of Mechanical Engineers, New York.

Anonim, 2015, “Inspector’s Examination, Pressure Piping Inspector

(API 570)â€, American Petroleum Institute, Washington DC.

Anonim, 2015, “Welded and Seamless Wrought Steel Pipe (ASME 36.1)â€, American Society of Mechanical Engineers, New York.

Ananda, Dwi Cahyo, Moralista, Elfida, dan Yuliadi, 2020, “Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai Pipa pada Jalur Pipa Produksi Naphtha Oil dari Oxygen Stripper Receiver 31-V-101 ke Oxygen Stripper Overhead Pump 31-P-102 A/B di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Baratâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Februari, 2020), ISSN : 2460-6499 P 133-140, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Cristian, Juliandra, 2015, “Prediksi Kebutuhan BBM Menggunakan Metoda Arima dalam Mencari dan Menentukan Estimasi Parameter Modelâ€. Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v7i1.25759

Flag Counter    Â