Kajian Korosi pada Pipa Transportasi Crude Oil Pipeline D (SP 04 – SP 05) di Kecamatan Balikpapan Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur

Indra Lesmana, Elfida Moralista, Zaenal Zaenal

Abstract


Abstract. In the oil and gas industry, crude oil transportation activities generally use pipelines. The pipe used is made of metal. Metal pipe is used because it has good resistance to temperature and high pressure. However, this metal pipe has the disadvantage of easily repairing because it is in direct contact with the external and internal environment. Losses caused by corrosion in the pipe heap have a greater thickness. Therefore, it is necessary to maintain and monitor one of them in terms of corrosion in crude oil pipelines so that crude oil transportation activities are not hampered.The study was conducted on the crude oil transportation pipeline D (SP 04 - SP 05) along 2,800 m with the pipe located below and above the ground surface. This study aims to determine the type of corrosion, corrosion control methods applied, corrosion rate, and the remaining service life of the pipe.The environmental conditions at the study site had air temperatures ranging from 22.2 oC – 35.5 oC, relative humidity 71 - 91%, soil pH 5.4 – 6.0 and soil resistivity of 2,429 – 3,625 ohm.cm which belong to the highly corrosive to the corrosive. The research methodology was carried out by measuring pipe thickness reduction to determine the corrosion rate and the remaining service life of the pipe based on API 570. Measurement of pipe thickness reduction was carried out using the Ultrasonic Thickness Gauge Panametrics MG 2 DL at 15 test points.The type of corrosion that occurs in crude oil transportation pipelines is uniform corrosion and erosion corrosion. Corrosion control method applied internally to crude oil transportation pipeline is by adding UOP TM UNICOR TM C. inhibitors. While the external corrosion control method is using Rust-Oleum Stops Rust Enamel Brush and wrapping using Polyken The Berry Plastics CPG System 942 / 955 EN and cathodic protection of sacrificial anode (SACP) with Magnesium as the sacrificial anode. Corrosion rate in the pipe is 0.161 - 0.205 mm / year and based on the relative corrosion resistance is included in the good category. While the remaining service life of the pipe is 22.15 – 33.83 years, higher than the design life of the pipe that is 20 years so that the pipe can be used beyond the design life of the pipe.

Keywords : Carbon Steel, Crude Oil, API 5L Grade B, Corrosion Rate, Remaining Service Life of the Pipe

 

Abstraks. Pada industri minyak dan gas bumi, kegiatan transportasi crude oil pada umumnya menggunakan jalur-jalur pipa. Pipa yang digunakan tersebut berbahan dasar logam. Pipa logam digunakan karena memiliki sifat ketahanan yang baik terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi. Akan tetapi, pipa logam tersebut memiliki kelemahan yaitu mudah mengalami korosi karena kontak langsung dengan lingkungan eksternal dan internal. Kerugian yang ditimbulkan oleh korosi pada pipa ialah terjadinya pengurangan ketebalan pipa yang dapat menyebabkan pipa tersebut mengalami kebocoran dan sisa umur pakai pipa menjadi rendah. Maka dari itu, diperlukan pemeliharaan dan monitoring salah satunya ialah kajian mengenai korosi pada pipa transportasi crude oil agar kegiatan transportasi crude oil tidak terganggu. Penelitian dilakukan pada pipa transportasi crude oil sepanjang 2.800 m yang berada  di atas permukaan dan bawah tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis korosi, metode pengendalian korosi yang diaplikasikan, laju korosi, dan sisa umur pakai pipa. Kondisi lingkungan di lokasi penelitian memiliki temperatur udara berkisar 22,2oC – 35,5oC, kelembapan relatif 71 - 91%, pH tanah 5,4 – 6,0 dan resistivitas tanah sebesar 2.429 – 3.625 ohm.cm yang termasuk ke dalam kategori highly corrosive sampai corrosive. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah dengan  pengukuran pengurangan ketebalan pipa untuk menentukan laju korosi dan sisa umur pakai pipa berdasarkan API 570. Pengukuran pengurangan ketebalan pipa dilakukan dengan menggunakan alat Ultrasonic Thickness Gauge Panametrics MG 2 DL pada 15 test point.  Jenis korosi yang terjadi pada pipa transportasi crude oil ialah korosi merata dan korosi erosi. Metoda pengendalian korosi yang diaplikasikan pada pipa transportasi crude oil secara internal yaitu dengan penambahan inhibitor UOP TMUNICOR TM C. Sedangkan metoda pengendalian korosi pipa secara eksternal dengan metoda coating  jenis Rust-Oleum Stops Rust Enamel Brush dan wrapping menggunakan Polyken The Berry Plastics CPG System 942/955 EN serta proteksi katodik  anoda korban (SACP) dengan Magnesium sebagai anoda korbannya. Laju korosi pipa sebesar 0,161 – 0,205 mm/tahun dan berdasarkan ketahanan korosi relatif termasuk ke dalam kategori good. Sisa umur pakai pipa adalah 22,15 – 33,83 tahun, lebih tinggi dari pada umur desain pipa yaitu 20 tahun sehingga pipa dapat digunakan melebihi umur desain pipa.

Kata kunci :  Pipa Baja, Crude Oil, API 5L Grade B, Laju Korosi, Sisa Umur Pakai Pipa


Keywords


Pipa Baja, Crude Oil, API 5L Grade B, Laju Korosi, Sisa Umur Pakai Pipa

Full Text:

PDF

References


Akbar, Fatwa Ath-thaariq; Moralista, Elfida; Sriyanti, Sriyanti, 2017, “Penentuan Laju Korosi dan Remaining Service Life (RSL) Pipa Transportasi Jalur 1 di PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Balongan Indramayu Jawa Barat – Plumpang Jakarta Utaraâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Februari,2017). ISSN: 2460-6499. P 433-439. Universitas Islam Bandung: Bandung.

Ananda, Dwi Cahyo, Moralista, Elfida, Yuliadi, 2020, “Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai Pipa pada Jalur Pipa Produksi Naphtha Oil dari Oxygen Stripper Receiver 31-V-101 ke Oxygen Stripper Overhead Pump 31-P-102 A/B di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Baratâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Februari,2020). ISSN: 2460-6499. P 433-439.Universitas Islam Bandung, Bandung.

Anonim, 2015, “Inspector’s Examinationâ€, Pressure Piping Inspector, American Petroleum Institute, Washington DC.

Anonim, 2002, “Pipeline Transportation System For Liquid

Hidricarbons and Other Liquidsâ€, The American Society of Mechanical Engineers, New York.

Anonim, 2015, “Welded and Seamless Wrought Steel Pipeâ€, The American Society of Mechanical Engineers, New York.

Anonim, 2018, “Kota Balikpapan Dalam Angkaâ€, Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan, Balikpapan.

Anonim, 2012, “Petroleum and Natural Gas industries Steel Pipe for Pipeline Transportation Systemâ€, Swiss Association For standarzitation, Winterthur.

Fauzan, Muhammad Djamal, Moralista, Elfida, Fauzi, Noor, 2019, “Penentuan Laju Korosi Dan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life / RSL) pada Jalur Pipa Transportasi Gas SP Subang – SP Citarik di PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Baratâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Februari,2019). ISSN: 2460-6499. P 433-439. Universitas Islam Bandung, Bandung.

Fontana, Mars G, 1987, “Corrosion Engineering 3rd Editionâ€, MC Grawhill, New York.

Hutauruk, Franky Yonatan, 2017, “Analisa Laju Korosi pada Pipa Baja Karbon dan Pipa Galvanis dengan Metoda Elektrokimiaâ€, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Jones, A, Denny J, 1996, “Principle & Prevention of Corrosionâ€, Prentice Hall, New Jersey.

Moralista, Elfida, 2005, “Studi Efektivitas Inhibisi Kalsium Nitrit dan Natrium Dikromat pada korosi Baja Tulangan Galvanis dalam Larutan Pori Beton Artificial dengan Elektrochemical Impedence Specroscopyâ€, Institue Teknologi Bandung, Bandung.

Moralista, Elfida, Zaenal, Chamid, Cusharini 2005, “Studi Upaya Peningkatan Umur Pakai Konstruksi Bangunan Melalui Penghambatan Korosi Baja Tulangan Beton dengan Menggunakan Inhibitor Korosiâ€, Jurnal Penelitian & Pengabdian (2 Juli – Desember 2005), ISSN : 1693-699X ; P 104-112, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Roberge, Pierre, 2008, “Corrosion Engineering : Principle & Practiceâ€, Mc Grawhil, New York.

Siahaan, Erwin, 2011, “Karakteristik & Struktur Mikro pada baja Karbon 45 C dan S 60 Câ€, Universitas Tarumanegara, Jakarta

Teuku Azhari Hasan, Komalasari, Ida Zahrina, 2018, “Pengendalian Pipa Korosi Perminyakan Dengan Menggunakan Inhibitor Korosiâ€, Universitas Riau, Riau

Utomo, Budi, 2009, “Jenis Korosi dan Penanggulangannyaâ€, Universitas Diponegoro, Semarang.

Yasin, Gulam at all, 2013, “Quality and Chemistry of Crude Oilâ€, Jurnal of Petroleum and Alternative Fuel volume 4 hal 55 - 66, Diakses pada 04 Mei 2019

Zhang, 2013, “Crude Oil Hidrocarbon Composition Characteristic and oil Viscosity Prediction in The Northern Songliao Basinâ€, Southwest Petroleum University, Cengdu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v6i2.22661

Flag Counter