Studi Deskriptif Tentang Kemampuan Guru Paud Dalam Penyusunan Program Dan Perancangan Kegiatan Dalam Konteks Kompetensi Pedagogik Di Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung

Ayi Herawati, Ayi Sobarna, Nurul Afrianti

Abstract


Pentingnya program pembelajaran dan rancangan kegiatan di lembaga PAUD sebagai pedoman dan acuan dalam melaksnakan kegiatan pembelajaran. Hal ini berhubungan erat dengan kemampuan guru dalam menyusun program dan merancang kegiatan bermain di lembaga PAUD. Pogram pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh lembaga. Dalam penelitian ini  Peneliti ingin terfokus pada kemampuan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam menyusun program pembelajaran dan merancang kegiatan bemain.  Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kemampuan guru dalam mengimplementasikan   kompetensi pedagogik guru PAUD di  Kecamatan Sumur Bandung  Kota Bandung. Yang Menjadi Landasan  teori penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik guru PAUD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik yang dengan cara menyebarkan  angket. Objek dalam penelitian ini  adalah 21 orang guru dari enam lembaga  PAUD yang berada di kawasan kecamatan Sumur Bandung. Diman hasil angket dijumlahkan dan dianalisis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru  dalam penyusunan program pembelajaran dan perancangan kegiatan bermain dalam kontek komptensi pedagogik berada di katagori tinggi yaitu sebanyak 62 % dan sedang yaitu sebanyak 38 %,meskipun belum mencapai maksimal artinya masih ada sebagian guru yang belum memenuhi kompetensi pedagogik dikarenakan kurangnya pengalaman dan pelatihan.

Kata kunci: Kemampuan guru, Kompetensi Pedagogik, Anak Usia Dini

 


Keywords


Kemampuan guru, Kompetensi Pedagogik, Anak Usia Dini

References


Arikunto Suharsimi (2004), Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta Bumi Aksara

Hasanah Aan ( 2012), Pengembangan Profesi Guru,.Bandung Pustaka Setia

Himpaudi Jawa Barat (2015) Kumpulan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Holistik Integratif

Undang Undang no 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang Undang No 14 Tahun 2006 Tentang Guru dan Dosen




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8701

Flag Counter      Â