Peningkatan Kemampuan Berbahasa (Keaksaraan) mengenal Huruf Menggunakan Permainan Kartu Huruf pada Anak Kelompok B PAUD TAMAN CERIA Gg. Banceuy Kota Bandung

Arum Harumi, Masnipal Marhun, Ayi Sobarna

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh siswa di kelompok B Paud Taman Ceria yang mengalami masalah dalam membaca kata , bahwa beberapa huruf yang masih sering salah dibacanya, masih ada yang keliru membaca dengan huruf yang bentuknya hampir sama. Kondisi ini menuntut guru untuk berkreasi mengembangkan suasana belajar di dalam kelas agar tetap menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa (keaksaraan) mengenal huruf menggunakan permainan kartu huruf pada anak kelompok B Paud Taman Ceria Gg. Banceuy Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian siswa kelompok B Paud taman Ceria yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung dan catatan lapang. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) kemampuan berbahasa (keaksaraan) dalam mengenal huruf siswa kelompok B Paud Taman Ceria dapat meningkatkan melalui permainan kartu huruf, 2) terjadi peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I adanya sedikit peningkatan yang terlihat, pada siklus II peningkatan sudah terlihat dengan jelas, siswa sebagian besar siswa mulai bekembang pada siklus III peningkatan sudah sangat terlihat sebagian besar siswa sudah berkembang sesuai harapan, meskipun masih ada siswa yang mulai berkembang, 3) terjadinya peningkatan dalam kemampuan berbahasa (keaksaraan) melalui perlakuan strategis dan skenario secara tersusun. 4) guru memberikan contoh ketika akan melaksanakan permainan, 5) adanya pada setiap permainan harus adanya reward kepada setiap siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian, pengenalan kartu huru dengan menggunakan permainan kartu huruf dapat meningkatkan keaksaraan siswa kelompok B Paud Taman Ceria, terjadinya peningkatan dalam kemampuan berbahasa (keaksaraan) melalui permainan kartu huruf dengan mengikuti perlakuan strategis dan skenario secara tersusun. Implikasi dari penelitian ini bahwa permainan kartu huruf dapat menjadi salah satu media untuk mengembangkan kemampuan berbahasa terutama keaksaraan dan membantu guru dalam menerangkan keaksaraan pada setiap siswa dengan cara yang menyenangkan


Keywords


Permainan, Kartu Huruf, Keaksaraan

References


Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran.. Jakarta: RAJA GRAFINDO PERSADA

Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: DIVA PRESS

Ikhsan, Fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Indriati, Etty. 2012. Kesulitan Berbicara dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: PRENADA MEDIA

Masnipal. 2013. Siap menjadi guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO

Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Patmonodewo,S. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah . Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Pemerintah Pendidikan Nasional NO 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8605

Flag Counter      Â