Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Video Seni Tari Kaulinan Tokecang di Tk Samarang
Abstract
Abstract. The purpose of this study was to obtain an overview of the improvement of children's gross motor skills through the video of the kaulinan tokecang dance at Tk Samarang Kindergarten which includes the importance of gross motor skills for children, because gross motor skills are very important for the development of children's gross motor skills through dance movements. whether the child is able to follow the movements or not.
The method used in this research is the action research method, which is to obtain an overview of the improvement of children's gross motor skills through the kaulinan Tokecang dance video, so that the researchers studied will be described as the results of observations and documentation. The subjects in this study were students in one class at Tk Samarang. Then the data collection technique uses observation and documentation.
The results showed that the improvement of children's gross motor skills through the kaulinan tokecang dance video at KindergartenTk Samarang showed: 1) in the first video the child was able to follow the movement instructions in the video without music; 2) in the video the two children are able to follow the hand dance movements using musical rhythms and the children are enthusiastic when watching the video; 3) in the video the three children are able to follow the dance movement instructions (legs) in the video; 4) in the video the four children are able to do all hand, leg and body movements through the video; All of the videos show that the children's gauze motor skills develop through this dance video.
Key words: gross motoric, kaulinan dance
Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui video seni tari kaulinan tokecang di Tk Samarang  yang meliputi bagaimana pentingnya kemampuan motorik kasar untuk anak, karena memang motorik kasar sangan penting untuk perkembangan kemampuan motorik kasar anak melalui gerakan tari apakah anak mampu mengikuti gerakan atau tidak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode action research yaitu untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui video seni tari kaulinan tokecang, sehingga peneliti yang diteliti akan di deskripsikan sebagaimana hasil dari observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dalam satu kelas di Tk Samarang. Kemudian teknik pengumpuan data menggunakan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui video seni tari kaulinan tokecang di Tk Samarang menunjukkan: 1) pada video pertama anak mampu mengikuti intruksi gerakan yang ada di video tanpa musik; 2) pada video kedua anak mampu mengikuti gerakan tari tangan dengan menggunakan irama musik dan anak antusias saat melihat video; 3) di dalam video ketiga anak mampu mengikuti intruksi gerakan tari (kaki) yang ada di video; 4) pada video ke empat anak mampu melakukan seluruh gerakan tangan, kaki dan tubuh melalui video; dari video seluruhnya menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasa anak berkembang melalui video tari ini.
Kata kunci: motorik kasar, tari kaulinan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Doubler, Margaret, N.H, (1959). Tari Pengalaman Seni Yang Kreatif. Terjemahan Tugas Kumorohadi. Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatika Surabaya.
Hidayat, R. P. (2005) Pepeprenian Urang Sunda. Bandung: Kiblat.
Hurlock, E. B. (1991). Perkembangan Anak Jilid 1 ( AlihBahasa: Meitasari Tjandrasa dan Muslichach Zarkasih ). Jakarta: Erlangga.
Irianto, D. P. (2000). Pendidikan Kebuguran Jasmani yang Efektif dan Aman. Yogyakarta: Lukman Offset.
Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawaroh, K. (2015). Peningkatkan Keterampilan Motorik Kasar. Artikel Jurnal Skripsi Paud Edisi 8, 4.
Sujiono. B. (2008). Metode Pengembangan Fisik . Jakarta: Universitas Terbuka..
Sunardi, Sunaryo. (2007). Intevensi Dini Anak Bekebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23855
   Â