Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Gerak dan Lagu Animal Dance pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Ikhwan Soreang

Devianti Pujiastuti Permadi, Masnipal Mahrun, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract. This study aims to improve gross motor skills through Motion and Animal dance songs in group A children in RA Al-Ikhwan Soreang. This type of research is classroom action research. The gross motor skills studied are imitating walking like an animal, running on the spot, swinging the right and left hand, jumping, and jumping. This type of research is a classroom action research developed by Kurt Lewin. The subjects of this study were 14 children of RA Al-Ikhwan Soreang group. Data collection methods through observation / observation and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis.The results showed that gross motor skills can be improved through movement activities and animal dance songs. The results of observations can be seen increasing gross motor skills in each cycle. At the time of pre-cycle shows the results of gross motor skills of children has not developed, then when the first cycle has not yet developed, then began to increase in the second cycle to begin to develop, and have increased in cycle III to develop as expected. This shows the results of research on gross motor ability activities can be done with motion activities and animal dance songs.

Keywords: Gross Motor Skills, Motion, Animal Dance Songs

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui Gerak dan Lagu animal dance pada anak 1 kelas. Kemampuan motorik kasar yang diteliti yaitu menirukan berjalan seperti binatang, berlari di tempat, mengayunkan tangan kekanan dan kekiri, melompat, dan meloncat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah 14 anak Kelompak A RA Al-Ikhwan Soreang. Metode pengumpulan data melalui pengamatan/observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan secara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui kegiatan gerak dan lagu animal dance. Hasil observasi dapat dilihat meningkatnya kemampuan motorik kasar pada setiap siklusnya. Pada saat pra siklus menunjukkan hasil kemampuan motorik kasar anak belum berkembang, lalu pada saat siklus I masih belum berkembang, kemudian mulai meningkat pada siklus II menjadi mulai berkembang, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi berkembang sesuai harapan.  Hal ini menunjukkan hasil penelitian kegiatan kemampuan motorik kasar dapat dilakukan dengan kegiatan gerak dan lagu animal dance.

Kata kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Gerak, Lagu Animal Dance


Keywords


Kemampuan Motorik Kasar, Gerak, Lagu Animal Dance

Full Text:

PDF

References


Mahendra, A., dan Saputra, Y, M., (2006). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S., dkk., (2015) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sujiono, B., dkk., (2015) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, B., dkk., (2015). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anggraini, D, W., 2016 Peningktan Keterampilan Motorik kasar Melalui Kegiatan Tari Binatang Pada Anak Kelompok B : journal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2016.

Djamarah, S.B. (2002) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Erhamwilda, dan Afrianti. N., (2014) Psikologi Perkembangan I, Bandung: Universitas Islam Bandung.

Hamalik, O., (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

IGAK Wardhani, K. W, 2017, Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas, Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Beaty, J, J., (2013) Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Santrock, J, W., (2007) Perkembangan Anak (alih bahasa : Mila Rachmawati, S.Psi dan Wibi Hardani, M.M), Jakarta : Erlangga.

Kamtini dan Tanjung, H, W., (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Munawaroh, K., 2015 Peningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Menari Animal Dance Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Kutu Asem Yogyakarta : journal PG-PAUD Universitas Negri Yogyakarta, Edisi 8 Tahun ke-4 2015.

Masnipal, (2018), Menjadi Guru Paud Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya

Masnipal, cetakan ke 4 (2015), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung: Universitas Islam Bandung.

Morrison, S, G., (1988). Early Chidhood Education Today. Melbourne: Merrill Publishing Company.

Paspiani, N, K, N., 2015 Kegiatan Latihangerak dan Lagu (Jeruk Bali) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini : Jurnal Pendidikan Anak, Volume IV, Edisi 1.

Rahyudi, H., 2012 Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20973

Flag Counter      Â